TANGSELIFE.COM – Arab Saudi disebut berencana membangun bioskop dekat Ka’bah di Mekkah sebagai situs paling suci sekaligus kiblat bagi umat Muslim.

Rencana pembangunan bioskop dekat Ka’bah itu menjadi kontroversi setelah video seorang insinyur Arab Saudi yang sedang membahas proyek bioskop viral di media sosial.

Mengutip dari New Arab, bioskop tersebut merupakan komponen utama dari inisiatif ‘Smart Mecca’ yang menurut informasi publik bertujuan untuk mengintegrasikan fasilitas hiburan modern ke dalam kota sambil tetap berpegang pada makna keagamaannya.

Proyek tersebut dikembangkan oleh Saudi Entertainment Ventures (Seven) sebagai anak perusahaan dari Dana Investasi Publik yang menjadi garda terdepan dalam upaya perluasan hiburan di Arab Saudi.

Tahun lalu, Seven memberikan kontrak senilai US$2,5 miliar untuk berbagai proyek hiburan di seluruh Kerajaan Saudi.

Adapun untuk pembangunan bioskop dekat Ka’bah ini bernilai SR1,3 miliar (US$347 juta), yang sedang digarap oleh perusahaan lokal Modern Building Leaders (MBL).

Proyek tersebut ada di distrik Al Abidiyah, dekat Universitas Umm Al Qura di luar kompleks masjid Ka’bah Suci, yang menempati area seluas 80.000 meter persegi.

Pembangunan bioskop dekat Ka’bah menandai perubahan budaya yang cukup signifikan.

Selama 40 tahun bioskop dilarang di negara tersebut yang mencerminkan norma sosial konservatif yang berlaku di negara tersebut.

Larangan itu dicabut pada 2018 sebagai bagian dari inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang berusaha memodernisasi ekonomi dan membuka masyarakat Saudi.

Sejak larangannya dicabut, Arab Saudi memperluas infrastruktur bioskopnya dengan cepat yang ditandai dengan banyaknya pembukaan bioskop di seluruh Kerajaan.

Pembangunan Bioskop dekat Ka’bah Picu Kontroversi

Video itu dibagikan secara luas dan telah memicu kontroversi di media sosial.

Sejumlah orang memuji proyek itu sebagai bagian dari inisiatif Visi 2030 Arab Saudi yang bertujuan untuk mendiversifikasi ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup warga dan penduduk.

Lainnya menyatakan kekhawatiran mengenai kedekatan tempat hiburan dengan tempat suci seperti Mekkah. Mereka mempertanyakan apakah hal itu sejalan dengan nilai agama dan budaya kota tersebut.

Terlepas dari kontroversinya, pemerintah Arab Saudi telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk memastikan pembangunan baru tersebut tak membahayakan kesucian Mekkah.

Para pejabat menekankan bahwa proyek sinema dan hiburan lainnya dirancang untuk melengkapi infrastruktur modern kota tersebut sekaligus menjaga keagamaannya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter