TANGSELIFE.COMPelantikan presiden dan wakil Presiden 2024 akan dilakukan pada hari Minggu, 20 Oktober mendatang.

Adapun rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) presiden dan wakil Presiden 2024 sudah memasuki tahap terakhir yakni pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan.

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden 2024 ini akan dilakukan oleh lembaga yang berwenang, yakni Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Berdasarkan hasil Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024, presiden dan wakil presiden terpilih yang mendapat raihan suara terbanyak sebanyak 58,58% adalah Prabowo dan Gibran.

Maka berdasarkan berita acara KPU 218/PL.01.08-BA/05/2024, pasangan dari nomor urut 2 tersebut, Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-209 per 24 April 2024.

Namun, sebagai simbol peresmian jabatan dan transisi kepemimpinan, maka tetap diadakan pelantikan presiden dan wakil presiden 2024 pada hari Minggu, 20 Oktober.

Berikut Jadwal dan Lokal Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024

Pelaksanaan pelantikan presiden 2024 ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 terkait Tahapan dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Berdasarkan PKPU tersebut, maka jadwal pelantikan atau pengucapan sumpah janji Presiden dan Wakil presiden 2024 dilakukan pada 20 Oktober.

Sementara, untuk lokasi pelantikan presiden dan wakil presiden 2024 ini akan digelar di Gedung Nusantara, Komplek MPR, DPR, DPD, Jakarta.

“Pelantikan presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di Gedung Nusantara pada 20 Oktober 2024,” melansir dari instagram @mprgoid.

Sebagai informasi, gedung tersebut memang dijadikan tempat pelantikan presiden dan wakil presiden sejak zaman Presiden Soekarno.

Link Streaming Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024

Proses pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024 ini akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi miliik MPR RI.

Berikut link streaming pelantikan presiden 2024 https://www.youtube.com/@MPRRIOfficial, mulai pukul 10.00 WIB.

Rangkaian Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024

pelantikan presiden dan wakil presiden
Pelantikan presiden dan wakil presiden RI akan digelar pada 20 Oktober 2024 (Instagram.com/Prabowo)

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan digelar pada 20 Oktober 2024 mulai pukul 10.00 WIB.

Acara pelantikan ini akan dimulai dari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu mengheningkan cipta.

Kemudian, dilanjutkan dengan dibukanya sidang oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan dihadiri oleh anggota MPR, pejabat tinggi negara, dan tamu undangan.

Setelah sidang dibuka, maka ketua MPR akan menjelaskan rangkaian acara pelantikan hinggan selesai.

Dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan atau janji oleh Prabowo dan Gibran, serta penandatanganan berita acara pelantikan sebagai tanda pengesahan.

Acara selanjutnya yakni pertukaran tempat duduk antara Presiden Jokowi dan Prabowo sebagai presiden terpilih 2024-2029.

Begitu juga dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan bertukar tempat duduk dengan Gibran Rakabuming.

Presiden terpilih Prabowo Subinato akan menyampaikan pidato kenegaraan untuk yang pertama kalinya.

Umumnya pada saat pidato tersebut presiden terpilih juga akan turut memaparkan visi dan misi yang akan dijalankan pada masa jabatannya.

Setelah seluruh rangkaian selesai, ketua MPR bakal menutup sidang paripurna dan menyatakan presiden serta wakil presiden sah dilantik.

Terkahir presiden dan wakil presiden bakal melanjutkan upacara simbolis di Istana Negara, menjadi tanda dimulainya tugas kenegaraan.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter