Tangselife.com – Sebanyak 650 calon jamaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan diberangkatkan Tahun 2022 ini.

Mereka yang akan berangkat itu merupakan calon jamaah haji yang harusnya berangkat tahun 2020, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

Rencananya, keberangkatan para calon jamaah haji ini dijadwalkan pada 3 Juni 2022 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Dedi Mahfudin mengatakan, saat ini proses pemberangkatan haji mulai dari administrasi dan update data calon jamaah haji sudah mencapai 95 persen.

Pihaknya tinggal menunggu kepastian keberangkatan khusus calon jamaah haji Tangsel.

Dedi menuturkan, tahapan pemberkasan calon jamaah haji itu dimulai dengan tahap pelunasan biaya haji tambahan sebesar Rp4,8 juta.

Pelunasan tersebut dilakukan sejak 9-20 Mei 2022. Meski begitu, pihaknya berharap agar pelunasan dapat dilakukan hingga tanggal 18 Mei 2022.

Sehingga masih ada waktu jika ada perbaikan data dan lainnya.

Tenggat waktu pelunasan tersebut juga berlaku bagi calon jamaah haji yang berada di daftar kuota cadangan agar bisa menjadi pengganti bagi calon jamaah yang melakukan penundaan keberangkatan.

Bagi para calon jamaah yang namanya sudah terdaftar di jamaah berhak berangkat haji, agenda terdekat akan melaksanakan manasik haji baik di tingkat kota hingga KUA kecamatan.

“Manasik haji tanggal 21-22 tingkat kota di MAN IC Serpong. Kemudian di tingkat KUA kecamatan dilakukan selama empat hari, waktu ditentukan oleh KUA kecamatan masing-masing. Secepatnya lah karena ini sudah berpacu dengan hari,” paparnya.

Pekan depan, kata Dedi, pihaknya bakal melakukan rapat koordinasi dengan Wali Kota Tangsel dan dinas terkait untuk membahas kesiapan keberangkatan calon jamaah haji Tangsel.

“Nanti tinggal kita rapat koordinasi dengan dinas terkait dengan Kesra, Dinsos, kepolisian, Dinkes dan, lainnya. Membahas soal kesiapan pemberangkatan, penentuan lokasi keberangkatan, pengamanan di jalan, antisipasi kesehatan jamaah. Banyak hal,” pungkasnya. (mat/*)