TANGSELIFE.COM – Sheynnis Palacios, Miss Nicaragua, resmi dinobatkan sebagai pemenang Miss Universe ke-72 pada Sabtu, 18 November 2023.

Kemenangan tersebut menjadi momen sangat bersejarah bagi sang Miss Nicaragua lantaran ia adalah perempuan pertama yang berhasil memenangkan Miss Universe dari negaranya.

Sebelum kemenangannya itu diumumkan, Sheynnis berdiri berhadapan dengan Miss Thailand, Anntonia Porsild, di panggung.

Di bawah sorot lampu, keduanya bergenggaman tangan.

Sheynnis terlihat terkejut begitu pembawa acara menyebut nama negaranya.

Ia pun tak kuasa menahan air mata hari dan tangannya terlihat gemetar hingga kemudian Miss Universe 2022, R’Bonney Gabriel, memasangkan mahkota di kepala Sheynnis.

Sebanyak 84 kontestas berpartisipasi dalam ajang kecantikan internasilnal ini.

Mereka dinilai oleh sejumlah juri, yakni model Halima Aden, bintang ‘Queer Eye’ Carson Kressley, influencer TikTok Avani Gregg dan dua mantan pemenang Miss Universe, Janelle Commissiong dari Trinidad dan Toba (Miss Universe 1977) dan Iris Mittenaere dari Perancis (Miss Universe 2016).

Sebelumnya, dua puluh semi-finalis diumumkan menyusul hasil kompetisi pendahulunya sekaligus pemungutan suara para penggemar global.

Usai babak pakaian renang mereka mulai disisihkan menjadi 10 kontestan.

Mereka yang tersisihkan, termasuk Miss Universe Pakista, yang memilih burkini sebagai pakaian renangnya.

Kontestan lagi-lagi dipersempit saat babak gaun malam, termasuk dua putaran tanya jawab sampai menyisakan Palacios, Miss Universe Thailand Anntonia Porsild, dan Miss Universe Australia Moraya Wilson.

Sheynnis Palacios berhasil membuat juri kagum saat ditanya pada babak final soal siapa yang akan dipilihnya untuk menghabiskan hari dalam hidupnya.

Miss Nicaragua tersebut mengaku memilih filsuf dan feminis Inggris abad ke-18, Mary Wollstonecraft, yang menurutnya mendobrak batasan dan memberi kesempatan kepada banyak perempuan.

Profil Sheynnis Palacios Juara Miss Universe 2023

Miss Nicaragua, Sheynnis Palacios
Sheynnis Palacios berprofesi sebagai presenter dan model

Sheynnis Alondra Cornejo Palacios merupakan perempuan kelahiran 30 Mei 2000 di Managua, Nikaragua.

Ia seorang lulusan komunikasi massa dari Universidad, Centroamericana.

Kini ia berprofesi sebagai presenter televisi dan model.

Dengan tinggi badan yang mencapai 180 cm, Palacios mengikuti berbagai ajang kecantikan yang menjadi ketertarikannya.

Berdasarkan informasi yang tertera di akun Instagram Miss Universe, ibu Sheynnis Palacios melakukan imigrasi ke bagian utara untuk mencari pekerjaan yang lebih baik karena bisnis makanan ringan yang dilakukannya terkena imbas krisis ekonomi.

Sosok sang ibu juga menjadi tulang punggung keluarga, untuk dirinya, adik, dan neneknya.

Oleh karena pengalaman anxiety yang pernah dialami semasa hidupnya, ia pun mengangkat isu kesehatan mental yang masih jarang dibahas di negaranya dengan menginisiasi program ‘Understand Your Mind’ dalam segmen televisinya.

Ketertarikan Sheynnis Palacios dalam dunia kecantikan sudah ada sejak ia masih bersekolah di La Salle Managua Pedagogical Institute di mana ia memenangkan kontes Miss Lasallista.

Dari sana ia pun memasuki industri kontes kecantikkan sejak 2016.

Palacios berhasil mendapatkan gelar Miss Teen Nicaragua 2016, masuk Top 10 Teen Miss Universe 2017, memenangkan kontes Miss World Nicaragua 2020, kemudian masuk Top 40 Miss World 2021 yang sempat diundur akibat pandemi.

Sangat membanggakan, prestasi teranyarnya adalah menjadi Miss Universe 2023.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu