TANGSELIFE.COM – Hari Anti Korupsi Sedunia atau Hakordia akan diperingati 9 Desember 2023 mendatang. Tema dan logo peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 pun telah dirilis.

Dari informasi yang dihimpun, Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati 9 Desember pada setiap tahunnya.

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember ini sebagai komitmen masyarakat dunia dalam melawan aksi korupsi.

Hari Anti Korupsi Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 9 Desember 2023 lalu.

Hari Anti Korupsi Sedunia itu juga untuk menyatukan pandangan negara-negara bahwa korupsi merupakan musuh bersama dengan masalah yang ditimbulkannya.

Bahkan, tindakan korupsi dianggap sebagai musuh bersama dan termasuk dalam kejahatan luar biasa. 

Di Indonesia, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia digawangi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Peringatan ini biasanya dikemas dengan roadshow ke berbagai daerah di Indonesia.

Roadshow Hari Anti Korupsi Sedunia itu untuk menggalang komitmen seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat untuk sama-sama melawan tindakan korupsi.

Tema Hari Anti Korupsi Sedunia 2023

Tahun ini, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia diperingatu dengan tema ‘Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju’. 

Melalui tema tersebut, KPK mengajak masyarakat dan partisipasi publik untuk meningkatkan kesadaran memerangi korupsi. 

KPK ingin menjadikan masyarakat sebagai aktor utama dengan inisiatif dan semangat untuk memberantas korupsi.

Logo Hari Anti Korupsi Sedunia 2023

Logo Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 menggambarkan logo abstrak yang menggambarkan semangar memberantas korupsi di Indonesia.

Dalam logo Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 itu menggambarkan ilsutrasi orang saling bergandengan erat dan bersatu dalam keanekaragaman yang digambarkan dengan beragam warna. 

Filosofi Logo 

  • Sinergi: Memiliki arti kolaborasi dengan partisipasi berbagai pihak memberantas korupsi dan mengandung semangat Indonesia bersinergi memberantas korupsi.
  • Berantas: Memiliki arti sebagai daya juang, kebangkitan dan optimistis memberantas korupsi.
  • Indonesia Maju: Kata ini sebagai harapan dari pemberantasan korupsi untuk membuat Indonesia Maju. Kata ini juga terinspirasi dari tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Acara Hari Anti Korupsi Sedunia 2023

KPK memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 dengan semarak. Berbagai kegiatan digelar dalam rangkaian acara selama beberapa hari. KPK dijadwalkan akan memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 mulai 9 – 12 Desember 2023.

Intan
Editor
Intan
Reporter