TANGSELIFE.COM– Acara Seba Baduy 2024 akan kembali digelar pada tanggal 17 Mei mendatang, mulai pukul 14.00 WIB sampai selesai.

Ini merupakan tradisi tahunan Suku Baduy yang dilakukan setelah menggelar ritual Kawalu atau bulan puasa dalam kalender adat baduy.

Seba Baduy 2024 ini akan diikuti oleh 1.500 masyarakat Baduy yang akan mulai berjalan kaki dari desa masing-masing dan berhenti di Pendopo Bupati Lebak.

Untuk tahun ini akan menjadi acara Seba Baduy dengan jumlah peserta terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ribuan masyarakat Baduy gabungan dari Baduy Luar dan Baduy Dalam akan ‘turun gunung’ menuju Pendopo Kabupaten Lebak di Rangkas Bitung.

Apa itu Seba Baduy 2024?

Acara Seba Baduy
Pada acara Seba Baduy 2023, ribuan warga Baduy akan pergi ke kota untuk menghadiri ritual tersebut.

Seba Baduy merupakan upacaa adat yang rutin dilakukan setiap setahun sekali sebagai bentuk wujud syukur atas limpahan hasil pertanian di ladang.

Masyarakat Baduy akan berjalan kali bersama-sama untuk mengunjungi kepala daerah baik Bupati Lebak maupun Gubernur Banten.

Tujuannya adalah untuk menyerahkan hasil bumi dan menyampaikan perkembangan masyarakat baduy selam setahun.

Tradisi ini juga disambut baik oleh Pemerintah Daerah dengan menyediakan ruang bagi masyarakat Baduk untuk melakukan tradisi turun temurun ini.

Seba Baduy 2024 ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum agar bisa melihat lebih dekat bagaimana pagelaran warisan leluhur masyarakat Baduy.

Maka untuk ikut meramaikan Seba Baduy, kelompok pencinta sejarah dan budaya Menjajak Lebak menggelar walking tour.

Untuk bisa mengikuti event ini maka peserta harus melakukan pendaftaran di link bit.ly/walkingtoursebabaduy ini dengan biaya pendaftaran Rp100.000.

Para peserta nantinya akan diajak berkunjung ke tempat wisata sejarah dan budaya, lalu ikut iring-iringan dengan ribuan masyarakat Baduy dan puncak acara yakni penyambutan di Alun-alun Rangkasbitung.

Titik kumpul untuk event Seba Baduy 2024 walking tour ini dimulai dari Museum Multatuli, Rangkasbitung.

Kemudian, para peserta juga akan turut mendatangi obyek sejarah seperti Museum Multatuli, Water Toren, eks Rumah Dinas Perkebunan hingga bekas Rumah Dinas Eduard Douwes Dekker atau Multatuli ketiga bertugas di Lebak.

Rangakaian Acara Seba Baduy 2024

Seba Baduy ini akan diselenggarakan pada hari Jumat,17 Mei 2024 dengan acara inti penyambutan rombongan masyarakat Baduy.

Lalu, akan ada babacakan atau makan bersama, ritual sakral Seba Baduy, dialog bersama pemerintah, dan semalam bersama warga Baduy.

Berikut jadwal rangkaian acara Seba Baduy 2024:

  • 15.30-15.45 WIB: penerimaan rombongan Seba Baduy di Jembatan Keong, kemudian Camat Leuwidamar akan menyerahkan kepada Kepala Disbudpar Lebak
  • 15.45-15.30 WIB: rombongan tiba di Pemda Lebak, penyerahan dari Kadisbupar Lebak kepada Sekda Lebak
  • 19.30- Selesai: pelaksanaan ritual Seba Baduy, muali dari penyerahan hasi bumi hingga makan bersama