TANGSELIFE.COM – Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan kembali menyelenggarakan kegiatan Tangsel Digifest 2023 pada 11-13 Agustus 2023 di Alun-Alun Pamulang.

Rangkaian acara ini akan berfokus pada upaya pengembangan dan pemberdayaan pelaku Koperasi dan UKM khususnya dalam mendorong peningkatan usaha, baik dari sisi kewirausahaan, digitalisasi usaha, dan implementasi usaha yang sesuai dalam perkembangan era Revolusi Industri 4.0.

Tangsel Digifest 2023 akan mengusung tema ‘UMKM NAIK KELAS, KOPERASI SEHAT BERKUALITAS, DINKOP BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT LUAS’.

Acara ini diharapkan bisa mendorong dan mempercepat pembangunan ekonomi berbasis usaha dan jasa yang kuat, sehat, dan berkelanjutan serta berujung pada kebermanfaatan ekonomi yang optimal bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan.

Dalam penyelenggaraan Tangsel Digifest 2023 ini akan didasarkan oleh tiga aspek penilaian, yang meliputi Aspek Kewirausahaan, Aspek Digitalisasi Usaha, dan Aspek Implementasi Usaha.

Ketiga aspek tersebut diharapkan bisa melahirkan role model – role model baru bagi pelaku usaha Koperasi dan UKM yang disebut dengan STAR MODEL.

Star Model merupakan suatu perwujudan Koperasi Sehat dan UKM Naik Kelas yang menjadi tolak ukur sekaligus percontohan bagi pelaku usaha Koperasi dan UKM di Kota Tangerang Selatan.

Dalam rangkaian kegiatan yang sarat manfaat untuk pelaku usaha UKM Kota Tangerang Selatan ini, peserta Tangsel Digifest 2023 yang terpilih akan mendapatkan pelatihan usaha secara cuma-cuma sebagai upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya, kreatifitas, dan inovatif dalam menjalankan usahanya.

Seperti yang telah dialami 6 produk UKM Kota Tangerang Selatan yang terpilih menjadi Star Model 2022 Kota Tangerang Selatan, antara lain:

  1. Mika Riandita – Ciloek Djoedes
  2. Fiona Aryani – Kanantra Danantra
  3. Rika Garda Fapladhonia – Jamu Mpok Eha
  4. Hadid Aulia – Akasia Art
  5. Drh Yuniarti – Tek Nonie
  6. Rafika – Sunandsand

Seiring dengan kegiatan Tangsel Digifest 2023, Dinkop Kota Tangerang Selatan juga menerapkan program basis data tunggal bagi Koperasi dan UKM dengan nama Entrepreneur Data Center Kota Tangerang Selatan (EDC).

EDC TANGSEL adalah wadah data bagi seluruh pelaku Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan yang memberikan manfaat bagi pelaku usaha dalam memperoleh kesempatan pengembangan dan pemberdayaan usaha yang berkelanjutan.

Ajang bergengsi Kota Tangerang Selatan juga akan melibatkan para pihak-pihak stakeholder terkait sebagai juri, seperti Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Jajaran Pimpinan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya ada Dekranasda Kota Tangerang Selatan, Dinas Koperasi & UKM Kota Tangerang Selatan, Dekopinda Kota Tangerang Selatan serta Perwakilan Komunitas UKM berskala nasional.

Lewat proses penjurian dimulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, seleksi kompetensi, serta seleksi perencanaan usaha, Tangsel Digifest 2023 diharapkan menemukan dan menghasilkan koperasi dan usaha kecil yang dapat berdampak pada pembangunan ekonomi Kota Tangerang Selatan.

Laju Ekonomi Tangerang Selatan Kian Meningkat Pasca Pandemi Covid-19

Kondisi perekonomian nasional semakin membaik di tahun 2023 ini. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi mencapai 4,5 – 5,2 persen sampai di akhir tahun 2023.

Hal ini menunjukkan bukti bahwa upaya mendongkrak perekonomian pasca pandemi Covid-19 menjadi prioritas utama bagi pemerintah.

Tak lepas dari Pemerintah Daerah Kota Tangerang Selatan yang mencanangkan berbagai program yang bertumpu pada peningkatan laju ekonomi daerah dengan pencapaian sampai 6 persen hingga di akhir tahun 2023.

Seperti yang disampaikan oleh Drs H Benyamin Davnie selaku Wali Kota Tangerang Selatan, “Kita menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 alami kenaikan mendekati di atas lima persen bahkan enam persen dengan basis tiga sektor yaitu koperasi, jasa, dan perdagangan.”

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, menempatkan Koperasi dan UKM sebagai penyangga pemulihan ekonomi utama yang turut menyumbang pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang Selatan.

H Pilar Saga Ichsan selaku Wakil Walikota Tangerang Selatan mengungkap, “saat ini pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel menunjukkan angka empat persen. Angka ini diprediksi akan kembali naik sampai pertumbuhan ekonomi yang pernah diraih yaitu enam persen.”

Sehubungan dengan itu, Koperasi dan UKM adalah pilar penting bagi perekonomian Kota Tangerang Selatan, tidak dapat dipungkiri bahwa pengembangan dan pemberdayaan Koperasi dan UKM adalah upaya penting dalam melahirkan ketahanan ekonomi yang kokoh bagi Kota Tangerang Selatan.