TANGSELIFE.COM– Daftar Perguruan Tinggi Negeri atau PTN jalur mandiri gunakan nilai rapor untuk seleksi masuknya.

Adapun beberapa PTN di Indonesia telah membuka pendaftaran seleksi mandiri untuk para calon mahasiswa menggunakan nilai rapor sebagai persyaratannya.

Masuk PTN jalur mandiri gunakan nilai rapor ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak lolos SNBP maupun SNBT.

Umumnya PTN di Indonesia membuka jalur mandiri dengan seleksi berbeda-beda, ada yang menggunakan nilai rapor, tes tulis, hingga menggunakan nilai UTBK.

Lantas, apa saja PTN di Indinonesia yang buka jalur mandiri menggunakan seleksi nilai rapor? berikut ulasannya.

Berikut Daftar PTN Jalur Mandiri Gunakan Nilai Rapor untuk Seleksi Masuk Tahun Ajaran 2024/2025

1. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

PTN ternama di Indonesia yang buka pendaftaran jalur mandiri menggunakan nilai rapor salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang, untuk jenjang pendidikan Sarjana (S1) dan Diploma Tiga (D43).

Pendaftaran jalur mandiri Unnes dibuka mulai tanggal 27 Maret-28 Juni 2024 dengan persyaratan memasukkan nilai rapor semester 1-5.

Sementara, untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar program studi seni dan olahraga di Unnes harus menyertakan portofolio yang sesuai dengan ketentuan.

Untuk informasi lebih lanjut terkit seleksi mandiri Unnes bisa mengunjungi link https://unnes.ac.id/admission/sm-prestasi-2024/.

2. Universitas Airlangga (Unair)

kampus Unair
Ada 15 prodi di Unair penerima mahasiswa terbanyak jalur SNBP 2024

PTN jalur mandiri gunakan nilai rapor untuk seleksi masuknya adalah Universitas Airlangga yang buka pendaftaran mulai tanggal 27 Mei 2024.

Unair juga memberikan kesempatan unuk para peserta yang gagal masuk PTN melalui jalur SNBP dan SNBT.

Pendaftaran jalur mandiri prestasi Unair ini menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik/non akademik.

Selain itu, jalur mandiri Unair juga menggunakan tes tulis yakni untuk seleksi mandiri reguler.

Untuk informasi lebih lanjut terkasi seleksi masuk Unair bisa mengujungi website https://ppmb.unair.ac.id/id.

3. Universitas Padjajaran

PTN jalur mandiri gunakan nilai rapor untuk seleksi masuknya adalah Universitas Padjajaran (Unpad) yang berpusat di Jatinangor, Jawa Barat.

Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) 2024 untuk jalur mandiri dengan persyaratan nilai rapor semester 1-5 tanpa tes dibuka sejak 29 April-16 Juni 2024.

Jalur mandiri UNPAD ini untuk seleksi masuk jenjang S1, D3, dan D4. Adapun informasi selanjutnya bisa dipantau melalui https://smup.unpad.ac.id/.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

PTN jalur mandiri gunakan nilai rapor berikutnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta yang buka pendaftaran mulai tanggal 1 April-4 Juli 2024.

Kesempatan ini terbuka untuk para siswa SMA/SMK/Sederajat yang ingin mencoba daftar jalur SM Prestasi Akademik UNY menggunakan nilai rapor semeter 1-5.

Informasi mengenai SM Prestasi Akademi UNY bisa memantau melalui https://pmb.uny.ac.id/jalur-prestasi-akademik-s1.

5. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Bagi siswa yang belum lulus SNBP dan SNBT untuk masuk PTN, maka UNJ menyediakan jalur mandiri menggunakan nilai rapor tanapa tes.

Pendaftaran jalur mandiri UNJ menggunakan nilai rapor telah dibuka sejak 5 April-31 Mei 2024.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait PENMABA Mandiri Jalur Rapor UNJ ini bisa mengunjungi website https://penmaba.unj.ac.id/rapor/.

6. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

PTN jalur mandiri gunakan nilai rapor untuk seleksi masuk berikutnya adalah Universitas Negeri Surabaya.

Unesa membuka jalur mandiri Non Tes UTBK dengan nilai UTBK dan Non Tes SNBP dengan persyaratan nilai rapor semester 1-4.

Pendaftaran jalur mandiri Unesa ini dibuka mulai tanggal 19-26 Juni 2024 dan informasi selengkapnya bisa dilihat melalui website resmi Unesa https://admisi.unesa.ac.id/page/kelompok-non-tes

Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter