TANSGELIFE.COMGadai motor menjadi salah satu solusi praktis yang ditempuh bagi orang yang sedang terdesak butuh uang cepat. Gadai STNK motor atau BPKB biasanya menjadi jalan pintas.

Untuk mendapatkan uang instan, kamu dapat menggadaikan surat tanda nomor kendaraan (STNK) motor dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di sejumlah tempat.

Saat ini banyak perusahaan jasa asuransi yang menawarkan pinjaman cepat dengan gadai STNK motor dan BPKB.

Seperti Pegadaian, BFI, ACA, ADIRA, dan banyak perusahaan jasa asuransi lainnya yang menawarkan pinjam uang dengan cara gadai STNK motor. Kamu juga bisa gadai STNK motor kamu di bank misalnya BCA Finance.

Setiap perusahaan jasa keuangan dan bank yang menawarkan pinjaman uang dengan gadai STNK motor memiliki kebijakan bunga kredit berbeda.

Biasanya bunga kredit pinjaman beragam sesuai aturan dari masinh-masing perusahaan. Tak hanya itu, biasanya makin mudah cara pinjamnya bunga kredit yang dikenakan akan jauh lebih tinggi.

Biasanya, bagi orang yang sedang mengalami kebutuhan uang mendesak akan mengabaikan bunga kredit yang diberlakukan.

Padahal, bunga kredit ini akan terasa mencekik dikemudian hari. Pasalnya, kadang ada perusahaan yang menerapkan bunga kreditnya total hingga 100 persen dari uang yang dipinjamkan.

Maka itu, gadai STNK motor untuk mendapatkan pinjaman dana juga perlu diwaspadai. Kita harus berhati-hati dalam mengajukan gadai STNK motor agar tak mencekik dikemudian hari.

Biasanya, perusahaan yang memberi pinjaman dana akan menysaratkan STNK motor dan BPKB motor menjadi jaminan utama dalam pinjaman.

Tetapi, kamu juga bisa melakukan pinjaman dana dengan hanya menggadai STNK motor tanpa BPKB. Biasanya hal ini diterima oleh perusahaan keuangan selain Pegadaian milik BUMN.

Biasanya, gadai STNK motor tanpa BPKB akan dihargai lebih rendah yakni maksimal hanya 70 persen.

Berikut ini beberapa cara gadaikan STNK motor agar mendapat pinjaman uang untuk penuhi kebutuhan mendesak yang dialami.

Syarat Gadai STNK Motor:

  • Identitas yang masih berlaku, KTP/SIM
  • STNK asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga jika sudah menikah
  • Barang jaminan (sepeda motor)

Cara Gadai STNK Motor:

Untuk memudahkan proses gadai, pastikan data-data informasi baik keterangan diri hingga STNK asli serta fotokopi disiapkan sejak awal.

  1. Siapkan Dokumen Persyaratan

Menyiapkan dokumen persyaratan ini sangat penting agar pengajuan gadai STNK motor kamu berjalan mulus. Karena petugas pertama akan melihat kelengkapan dokumen persyaratan.

  1. Datang ke Lembaga/Perusahaan Gadai

Setelah dokumen persyaratan lengkap, kamu tinggal datangi lembaga/perusahaan yang kamu percayai untuk melakukan gadai STNK motor.

  1. Isi Formulir

Jika sudah di lembaga/perusahaan gadai, petugas akan memberikan formulir gadai. Isi secara lengkap formulir gadai sesuai arahan dari petugas.

  1. Verifikasi Data

Setelah semua syarat dipenuhi dan formulir telah diisi, petugas akan melakukan verifiaksi data. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan keamanan pemberian kredit pinjaman dana dengan gadai.

  1. Dana Cair

Setelah lolos dalam verifikasi data, kamu tinggal nunggu pencairan dana dari pengajuan gadai STNK motor yang diajukan.

Waktu pencairan dana ini tak tentu sesuai ketentuan masing-masing lembaga atau perusahaan yang memberikan pinjaman dana.

Ada yang cair dalam hitungan jam, ada juga yang cair setelah beberapa hari pengajuan gadai.

Catatan penting: Sebelum melakukan gadai STNK motor, pastikan kesanggupan dari diri sendiri. Kenali lembaga/perusahaan yang menjadi tempat gadai. Meski sedang butuh uang cepat, pastikan tetap berfikir secara logika ya. Hal ini penting agar kamu tak dibuat repot setelah melakukan gadai.

Intan
Editor
Intan
Reporter