TANGSELIFE.COM – Cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2024 bisa dengan melakukan pendaftaran di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Berkaca pada KIP Kuliah 2023, pendaftaran dibuka mulai sejak bulan Februari hingga Desember.

Perlu diketahui, calon mahasiswa yang sudah mendaftar KIP Kuliah tidak serta merta jadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024.

Untuk mendapatkan KIP Kuliah 2024, akan ada proses validasi dan verifikasi semua berkas oleh pihak perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Berikut prosedur mendapatkan KIP Kuliah 2024 bagi calon mahasiswa:

1. Lakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024, kemudian login di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

2. Login dilakukan dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta mengisi alamat email yang aktif dengan benar.

3. Isi NIK dengan benar, sebab akan dilakukan verifikasi dan validasi NIK melalui sinkronisasi atau pemadanan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial serta basis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Pemadanan data dilakukan melalui Pusat data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

4. NIK, NISN, dan NPSN akan dipadankan dengan data di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) serta di sistem SIPINTAR Kemendikbud Ristek.

Apabila ada kendala NIK, NISN, dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, silakan koordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.

Bagi siswa lulusan silahkan lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan.

5. Saat NIK dan NISN itu benar dan terdata, maka calon mahasiswa akan memperoleh nomor pendaftaran dan kode akses yang dikirim melalui alamat email yang disertakan saat pendaftaran akun.

6. Nomor pendaftaran dan kode akses akan digunakan untuk masuk dan mendaftar KIP Kuliah.

7. Calon mahasiswa menyelesaikan proses pendaftaran sesuai jalur seleksi yang dipilih.

Pendaftaran Relawan KIP Kuliah 2024

Selain pendaftaran penerima KIP Kuliah 2024, pendaftaran relawan KIP Kuliah untuk tahun 2024 juga telah dibuka.

Pendaftaran relawan KIP Kuliah 2024 dibuka mulai 22 November hingga 31 Desember 2023, serta akan diumumkan pada 17 Januari 2024.

Relawan KIP Kuliah memiliki peran penting dalam membantu menyebarkan informasi tentang program KIP Kuliah kepada siswa lulusan SMA atau sederajat tahun 2024, 2023, dan 2022.

Para relawan KIP Kuliah 2024 memiliki tujuan agar suswa lulusan SMA atau sederajat terinspirasi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Berikut persyaratan menjadi relawan KIP Kuliah tahun 2024:

1. Persyaratan

– Mahasiswa aktif.

– Curriculum Vitae (CV)

– Wajib memiliki nomor WhatsApp, akun Email, Instagram, Twitter, dan Youtube.

2. Langkah-langkah Pendaftaran

– Kunjungi link pendaftaran resmi: https://s.id/relawankipk2024.

– Isi setiap kolom formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan akurat.

– Pastikan bahwa CV yang dilampirkan mencerminkan potensimu sebagai relawan.

– Klik tombol submit atau selesai.