TANGSELIFE.COM – Nama Airin Rachmi Diany seakan tak pernah pudar. Kini Airin menjadi kandidat kuat sebagai Calon Gubernur (Cagub) Banten pada Pemilu 2024 oleh Partai Golkar.

Rasanya, semua orang sudah tak asing dengan nama Airin Rachmi Diany. Terlebih saat ini, sosok dan namanya berjejer di berbagai jalanan hingg pelosok kampung di Banten.

Penanaman jutaan banner atau spanduk Airin Rachmi Diany di penjuru Banten, memudahkan masyarakat mengenali sosok Airin.

Di kancah politik nasional, nama Airin Rachmi Diany pun cukup harum. Terlebih saat ini Airin merupakan Ketua DPP Persatuan Perempuan Golkar (KPPG).

Berikut ini rekam jejak Airin Rachmi Diany hingga menjadi Cagub Banten Pemilu 2024 dari Partai Golkar.

Profil Airin Rachmi Diany

Airin merupakan politisi perempuan kelahiran 28 Agustus 1976 di Kota Banjar. Orang tuanya adalah Anwar Martadiharja dan Asiyah.  Airin memiliki zodiak Virgo. 

Airin kecil menghabiskan waktu sekolah dasar (SD) di SD N Cibodas Banjar dan melanjutkan pendidikan ke SMP N 5 Bandung. Lulus pada 1991, Airin kemudian melanjutkan sekolah di SMA N 20 Bandung.

Setelah lulus SMA, Airin kemudian masuk ke Universiats Parahyangan. Dia memilih jurusan hukum dan menamatkan gelar S1 sebagai Sarjana Hukum. Tak puas dengan S1, Airin kembali melanjutkan pendidikan Spesialis Satu (SP-1) Program Studi Notariat dan Magister Hukum (MH), dan Program Studi Ilmu Hukum Bisnis di Universitas Padjajaran.

Airin kemudian melanjutkan pendidikan S2 Magister Hukum di Universitas Padjajaran, bahkan Airin juga menuntaskan pendidikan S3 atau Doktor di Unpad dan diwisuda pada Mei 2023 lalu.

Semasa kuliah, Airin terpilih menjadi Mojang Parahyangan Bandung pada 1995 dan ditahun yang sama terpilih menjadi Mojang Provinsi Jawa Barat. Tak henti disitu, Airin juga terpilih menjadi Puteri Indonesia Favorit dan Puteri Indonesia Pariwisata.

Airin Rachmi Diany
Airin Rachmi Diany bersama kedua anaknya. Foto: IG @airinrachmidiany

Airin merupakan istri dari pengusaha Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan yang merupakan anak dari Tubagus Chasan Sochib, tokoh Banten. 

Dari pernikahannya, Airin dan Wawan dikarunia dua anak yakni Tubagus Ghifari Al Chusaeri Wardana dan Ratu Ghefira Marhamah Wardana.

Airin Rachmi Diany Wali Kota Tangsel 2 Periode

Airin menjadi wali kota Tangsel pertama yang terpilih dalam proses Pilkada 2011 setelah 3 tahun terbentuk hasil pemekaran Kabupaten Tangerang.

Airin Rachmi Diany merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode. Airin menangi Pilkada 2011 bersama wakilnya Benyamin Davnie. Airin-Benyamin kemudian menjabat Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangsel periode 2011-2016.

Tak cukup memimpin satu periode, Airin kembali terpilih menjadi Wali Kota Tangsel pada Pilkada 2016. Airin masih didampingi Benyamin Davnie untuk kembali mempin Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangsel pada periode 2016-2021.

Setelah lengser sebagai Wali Kota Tangsel, nama Airin sempat mencuat sebagai salah satu sosok kuat untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Tetapi, hingga saat ini wacana itu tak terealisasi.

Kini, Airin digadang menjadi Calon Gubernur Banten Pemilu 2024 oleh Partai Golkar. Airin menjadi calon gubernur pertama yang diumumkan oleh Partai Golkar untuk maju di Pilgub 2024 mendatang.

Kiprah Airin Rachmi Diany Saat Ini

Selain itu, saat ini Airin juga menjadi Ketua Tim Kemenangan Daerah (TKD) Banten pasangan Capres-Cawapres Parbowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam Pemilu 2024 ini, agenda Airin akan sangat padat. Pasalnya, demi memenangkan suara di Banten, Airin juga ditugasi Partai Golkar untuk maju sebagai Calon DPR RI dapil Banten. 

Di samping itu, Airin juga masih tercatat menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan. Sedangkan profesi utamnya Airin adalah seorang notaris.

  • Menjadi Notaris Imas Tarwiyah pada 1999
  • Notaris di Kabupaten Tangerang pada 2004
  • Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Tangerang 2008
  • Notaris di Jakarta Selatan DKI Jakarta pada 2023
Intan
Editor
Intan
Reporter