TANGSELIFE.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih terus menggencarkan pemberian vaksin polio untuk sejumlah anak-anak di Tangsel.

Berdasarkan catatan Dinkes Tangsel, hingga Rabu 14 Agustus 2024, sebanyak 170.725 anak di Tangsel telah mendapatkan vaksin polio Dosis pertama.

Angka itu melebihi target yang telah ditentukan yaitu sebanyak 156.904 anak yang akan mendapatkan vaksin polio.

“Kumulatif sampai dengan 14 Agustus 2024 anak yang sudah mendapatkan dosis satu sebanyak 170.725 atau 108,8 persen,” kata Alin ketika dihubungi Tangselife.com, Jumat, 16 Agustus 2024.

Meski jumlah anak yang mendapatkan vaksin polio dosis pertama telah melebihi target, namun angka itu tidak dibarengi dengan jumlah anak yang menerima vaksin polio dosis kedua.

Pada kurun waktu yang sama, jumlah anak di Tangsel yang mendapatkan vaksin polio dosis kedua baru mencapai 93,482 atau 59,6 persen.

Kendati demikian, Alin mengaku dapat mencapai seluruh target yang ditentukan terutama pemberian vaksin polio dosis kedua pada hari Minggu 18 Agustus 2024 mendatang.

“(Ditargetkan) hari Minggu. Setelah itu kita akan melakukan sweeping di seluruh wilayah Tangsel melalui Puskesmas untuk memastikan seluruh anak mendapatkan vaksin,” pungkasnya.

Pelaksaan vaksin Polio di Kota Tangsel sendiri menyasar 156.904 anak dengan usia 0 (nol) hingga tujuh tahun. Setiap anak akan mendapatkan dua tetes vaksin Polio cair jenis novel Oral Polio Vaccine Type 2 atau nOPV2.

Pemberian vaksin polio dilakukan dalam empat tahap mulai dari 23 Juli hingga 17 Agustus 2024.

Pelaksanaan imunisasi vaksin Polio dilakukan di beberapa sarana pendidikan hingga fasilitas layanan kesehatan dengan total mencapai 2.295 pos.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter