TANGSELIFE.COM– Dua markas Koramil baru di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diresmikan operasionalnya oleh Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan, Selasa, 30 Mei 2023.

Dua markas Komando Rayon Militer (Koramil) itu adalah Koramil 08/Pamulang yang membawahi Kecamatan Pamulang dan Koramil 09/Serut yang membawahi Kecamatan Serpong Utara (Serut).

Peresmian dua markas koramil itu dilakukan secara simbolis di depan Markas Koramil 08/Pamulang di Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel, Selasa, 30 Mei 2023 pagi.

Mayjen Hasan berterima kasih kepada Pemkot Tangsel karena telah menghibahkan lahan untuk pembangunan dua markas Koramil tersebut.

“Terwujudnya pembangunan dua markas Koramil ini berkat bantuan Bapak Wali Kota Tangsel yang selalu mendukung kegiatan teritorial Kodam Jaya khususnya di Tangerang Selatan,” ujarnya juga. 

Jenderal bintang dua TNI ini juga mengatakan dengan diresmikannya operasional dua Koramil baru itu akan meningkatkan kinerja jajaran Kodam Jaya khususnya Kodim 0506/Tangerang.

“Tujuan pembentukan dua Koramil baru ini tentu saja untuk menjaga stabilitas keamanan, pertahanan dan juga mendukung kamtibmas di Tangerang Selatan ini,” ucapnya juga.

Dia juga mengatakan semakin berkembang suatu wilayah tentunya akan semakin tinggi tingkat stabilitas keamanan dan gangguan ketertibannya.

Mayjen Hasan juga mengungkap untuk pembentukan Kodim Tangerang Selatan yang berada di bawah naungan Korem 052/Wkr akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Selanjutnya, akan dibangun Kodim Tangerang Selatan. Insya Allah akan saya percepat. Karena tanahnya sudah ada, dan juga siap personelnya,” papar Mayjen Hasan lagi.

Menurutnya juga, pembangunan Koramil dan Kodim di tiap wilayah teritorial Kodam Jayakarta atau Kodam Jaya sangat diperlukan.

“Seharusnya memang tiap kabupaten atau kota itu ada satu Kodim. Tapi pengembangan satuan teritorial di Indonesia ini kerap kali terkendala tempat tinggal personel,” cetusnya.

Dia juga berharap dengan terbentuknya dua Koramil baru di Kota Tangsel itu dapat membantu dan menyelesaikan tugas tutorial dalam rangka menjaga, dan meningkatkan stabilitas keamanan.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie di tempat yang sama mengatakan kalau Pemkot Tangsel telah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan Markas Kodim Tangerang Selatan. 

“Semula tanah itu dialokasikan untuk pembangunan Markas Korem, tapi akhirnya diperuntukkan untuk pembagunan Markas Kodim Tangerang Selatan,” terangnya.

Benyamin juga berharap pembentukan dan pembangunan Markas Kodim Tangerang Selatan segera direalisasikan.

“Tujuannya untuk menjaga kondusifitas wilayah Kota Tangerang Selatan termasuk bidang pertahanan dan mendukung keamanan,” terangnya.

Peresmian dua Koramil baru itu juga dihadiri Danrem 052/Wkr Brigadir Jenderal TNI Putranto Gatot beserta jajarannya dan anggota DPRD Kota Tangsel serta Polres Tangerang Selatan.

Pembentukan dua Markas Koramil di Kota Tangsel terbilang agak terlambat. Pasalnya, Kota Tangsel berdiri sejak 26 November 2008 atau nyaris 15 tahun kemudian baru terbentuk dua Koramil baru. 

Selama ini, hanya ada satu dua Markas Koramil di Kota Tangsel yakni Koramil 05/Ciputat dan Koramil 03/Serpong yang membawahi seluruh wilayah Kota Tangsel.  

Danrem 052/Wkr Cek Kesiapan Dua Koramil Baru

Sebelumnya, Komandan Korem (Danrem) 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot melakukan peninjauan ke  Markas Koramil 08/Pamulang dan Markas Koramil 09/Serpong Utara (Serut), Rabu, 24 Mei 2023.

Kunjungan pertama Danrem 052/Wkr  meninjau Markas Koramil 08/Pamulang yang berlokasi di dekat kantor Kecamatan Pamulang di Jalan Siliwangi. 

Selanjutnya, peninjauan dilanjutkan ke Markas Koramil 09/Serut yang berlokasi di wilayah dekat kantor Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara. 

“Peninjauan ini kami lakukan untuk melihat kesiapan dua Markas Koramil yang baru di Tangerang Selatan ini sebelum diresmikan Pangdam Jaya,” ujarnya, Rabu, 24 Mei 2023 lalu.