TANGSELIFE.COM– 30 merek mobil meriahkan pameran GIIAS 2023 yang akan digelar di ICE BSD, Tangerang.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 bakal kembali digelar tahun ini pada 10-20 Agustus 2023 mendatang.

Selain merek lama, belasan merek baru bakal meramaikan pameran otomotif tahunan yang sudah berlangsung untuk ke 30 kali tersebut.

Pameran GIIAS 2023
Suasana pameran GIIAS 2022 yang dipadati ribuan pengunjung yang juga digelar di ICE BSD tahun lalu.

Dalam pameran GIIAS 2023 nanti, sejumlah merek mobil baru bakal meramaikan industri otomotif Tanah Air. Terutama kendaraan listrik.

Contoh merek mobil baru listrik baru itu adalah Ora dan Neta. “Dalam pameran ini, ada total ada lebih dari 30 merek mobil,” terang Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Dia juga mengatakan kalau tahun ini akan menjadi penyelenggaraan pameran Gaikindo yang ke-30, sejak kali pertama pameran itu digelar pada 1986 silam.

“30 tahun pameran GIIAS ini menjadi tonggak sejarah bagi Gaikindo,” terang Yohannes Nangoi dalam keterangan resminya dikutif Jumat 25 Mei 2023.

Dia juga mengatakan penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo selama 30 tahun telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif Indonesia.

“Ini karya-karya anak bangsa kepada masyarakat Indonesia. Gaikindo akan terus menampilkan masa depan industri otomotif lewat GIIAS,” ujar Yohannes lagi.

Gaikindo juga mengklaim kalau pameran GIIAS ke-30 ini akan menjadi benchmark atau acuan teknologi dan produk otomotif di Tanah Air.

Lantaran dalam pamerannya kali ini, GIIAS akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri.

Selain itu juga, GIIAS bakal menggunakan area pameran lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Pada tahun ini GIIAS bakal hadir komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap,” kata Yohannes juga.

“Sehingga bisa dipastikan akan lebih banyak model dan teknologi baru yang akan diperkenalkan pada GIIAS. Ini sesuatu yang sangat positif,” tambah Yohannes juga.

Dia  juga menekankan bukan tanpa alasan mengusung tema GIlAS 2023, Future Now karena masuknya era mobil listrik.

Selain itu juga, tema tersebut adalah representasi masa depan industri otomotif Indonesia, kesiapan Indonesia memasuki era kendaraan listrik.

“Edukasi dan informasi kendaraan listrik masih menjadi fokus industri otomotif Indonesia dan jadi tema GIIAS tahun ini,” papar Yohannes lagi.

Gaikindo juga akan terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang tengah digalakan pemerintah.

Untuk diketahui, dalam kurun delapan tahun ke belakang, GlIAS menjadi ajang peluncuran bagi lebih dari 250 produk kendaraan, 9 diantaranya kendaraan world premiere.

Selain itu juga, GIIAS mengklaim telah memperkenalkan teknologi otomotif masa depan lewat kehadiran lebih dari 60 mobil konsep.

Pameran GIIAS 2023 Dihadiri Puluhan APM Mobil Baru

Untuk tahun ini, ada total lebih dari 30 merek mobil yang akan dipamerkan Agen Pemegang Merek (APM) di GIIAS 2023.

Mulai dari APM kendaraan penumpang seperti Audi, BMW, Chery, Citroen, Dalhatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA.

Lalu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, dan Wuling.

Sementara dari kendaraan komersial yang bakal hadir di GIIAS 2023 adalah Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks.

Tiga merek Karoseri juga aka hadir dalam pameran GIIAS 2023 ini, yaitu Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Bukan hanya mobil tapi juga 14 APM sepeda motor akan hadir di GIAS 2023 yakni  Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, dan Ion Mobility.

Lalu, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa hingga Harley Davidson.

Selain itu juga, lebih dari 100 merek peserta industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series ini.

Rizwan Alamsjah, ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo mengatakan, antusiasme peserta sangat luar biasa pada GIIAS tahun ini.

“Buktinya, GIIAS 2023 ini akan diikuti lebih banyak merek, dan juga dengan area lebih besar,” terangnya.

Informasinya juga akan ada banyak launching mobil baru yang akan dihadirkan pada GlIAS tahun ini.

Rizwan mengatakan ada merek kendaraan baru yang sudah bergabung dan juga masih ada beberapa merek kendaraan yang dalam proses kepesertaan.

“Kami optimis pameran tahun ini akan menjadi pameran GIIAS dengan jumlah merek terbanyak,” ujarnya.