TANGSELIFE.COM- Pria obesitas asal Tangerang berbobot 300 kilogram (kg) saat ini masih dirawat intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Tim dokter RSCM mengungkap kondisi terkini Muhammad Fajri, 26 usai dirawat selama lima hari di rumah sakit rujukan nasional tersebut.

Plt Direktur Utama RSCM, dr Lies Dina Liastuti mengatakan kalau kondisi Fajri saat dibawa ke RSCM mengalami obesitas ekstrem.

Pria obesitas
Konferensi pers tim dokter RSCM mengenai kondisi Muhammad Fajri, pasien obesitas asal Tangerang yang memiliki tubuh 300 kg.

“Fajri datang dengan kondisi sesak nafas dan komplikasi banyak,” terangnya saat konferensi pers terkait kondisi terkini Fajri di RSCM, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Juni 2023.

Dia juga mengatakan Fajri dirujuk ke RSCM dari RSUD Kota Tangerang pada Jumat, 9 Juni 2023 dalam kondisi sulit napas dan luka di sekujur tubuhnya akibat terbatasnya ruang gerak.

“Jantung bekerja menjadi sangat berat, paru-paru menjadi bekerja sangat berat lagi karena dia (Fajari) tidak pernah bergerak,” katanya juga.

Apalagi, kondisi lingkungan rumah Fajari yang lembab menimbulkan masalah di paru-parunya, demikian pula pada kulit sehingga kulitnya banyak luka.

“Lalu lukanya terinfeksi, paru-parunya menjadi sesak karena ada infeksi dan sebagainya,” papar Lies juga.

Dia juga mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan intensif guna mengecek kondisi kesehatan Fajri secara menyeluruh.

Saat ini, Fajri ditangani oleh tim dokter gabungan yang berjumlah 10 orang dokter spesialis untuk memulihkan kondisinya.

Tim dokter itu terdiri dari anestesiologi, respirologi, endokrin-metabolik, gastro-enterologi, kardiologi, ilmu penyakit dalam, tim dokter bedah, psikiatri hingga dokter gizi.

Sementara itu, dokter spesialis endokrin yang menangani kasus ini, dr Dicky L Tahapary, SpPD-KEMD mengatakan hingga kini penyebab pasti Fajri berbobot hingga 300 kg masih didalami.

“Jadi kalau obesitas itukan memang penumpukan lemak tubuh, kalau keseimbangan antara asupan dengan pengeluarannya berlebih maka akan disimpan,” terangnya.

“Nah ini yang kita lagi dalami karena kasusnya unik, kita lagi evaluasi penyebab apa terkait dengan metabolisme pasien ini,” katanya saat konferensi pers Rabu, 14 Juni 2023.

dr Dicky juga mengungkapkan bahwa pasien mengalami gangguan hormon tiroid sehingga memiliki kemampuan metabolisme yang rendah.

“Jadi pasien Fajri ini hormon tiroidnya lebih rendah untuk metabolismenya karena obesitas bisa mengganggu metabolisme yang lain,” jelas dr Dicky.

Di samping gangguan hormon tiroid, diketahui Fajri tidak memiliki memiliki masalah komorbid.

Fajri Pria Obesitas Asal Tangerang Juga Alami Depresi

Sedangkan KSM Anestesiologi dan Perawatan Intensif RSCM dr Sidharta Kusuma Manggala, SpAn-KIC mengatakan kecelakaan membuat Fajri tidak aktif selama 8 bulan.

“Riwayat kecelakaannya bener-bener buat Fajri tidak bisa beraktivitas, hanya di satu ruangan untuk melakukan segala kegiatan. Dari buang air kecil, buang air besar, dan makan di situ,” ujarnya.

dr Sidharta juga mengatakan hasil pemeriksaan ternyata Fajri juga memiliki riwayat depresi. Itu diketahui setelah Fajri mendapat penanganan di RSCM.

“Ada riwayat depresi juga dari pemeriksaan. Depresinya itu ketahuan pas di sini (RSCM),” ungkap dr Sidharta dalam konferensi pers, Rabu, 14 Juni 2023.

Tapi dia belum bisa memberikan banyak keterangan mengenai kondisi depresi yang dialami pasien dengan ukuran tubuh jumbo tersebut.

Namun ia menilai depresi tersebut berkontribusi terhadap kondisi kesehatan pasien. “Pasti ada hubungannya depresi dengan kondisi tubuh,” katanya juga. 

“Bayangin, kita nggak keluar rumah aja stress, dia (Fajri) nggak keluar kamar 8  bulan lamanya. Padahal setahun yang lalu dia masih bisa nyetir motor,” paparnya.  

Untuk menyembuhkan depresinya itu, selama menjalani perawatan di RSCM Fajri akan didampingi psikiater yang akan membantu mengatasi depresinya tersebut.