TANGSELIFE.COM – Sebanyak 50 siswa dipastikan lolos menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara 17 Agustus 2024 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangsel, Warta Wijaya mengatakan, proses tahapan pendaftaran untuk menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka sebelumnya diikuti oleh 466 peserta dari berbagai sekolah yang ada di Tangsel.

Setelah dilakukan proses seleksi, sebanyak 50 siswa dinyatakan terpilih sebagai petugas Paskibraka untuk tingkat kota, 4 siswa bertugas di tingkat Provinsi dan 1 siswa bertugas di tingkat pusat atau nasional.

“Para peserta adalah yang terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi yang dilaksanakan di tingkat kota,” kata Warta kepada Tangselife.com, Selasa, 30 Juli 2024.

50 Siswa Tangsel yang Lolos Jadi Paskibraka Akan Mulai Mengikuti Tahapan Training Center Pada 3 Agustus 2024

50 Siswa Paskibraka Tangsel
Perwakilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas pada upacara 17 Agustus mendatang saat melakukan audiensi bersama Walikota Tangsel Benyamin Davnie. Foto: PPI Tangsel

Warta menjelaskan, siswa yang dipastikan terpilih menjadi petugas Paskibraka pada 17 Agustus di Kota Tangsel mendatang merupakan mereka yang memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya test Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP), Test Intelegensi Umum (TIU), test kesehatan, kesiapan fisik, pasukan baris-berbaris dan test parade dengan tinggi badan putri minimal 160cm dan putra 165cm.

Warta mengungkapkan, usai dinyatakan terpilih menjadi petugas Paskibra, ke-50 siswa tersebut langsung mendapatkan pembekalan materi dasar untuk menunjang tugas mereka pada 17 Agustus mendatang.

“Karena kita tahu bersama tugas menjadi seorang Paskibraka cukup berat. Sehingga dibutuhkan fisik dan mental yang baik,” terangnya.

Para petugas yang sudah dinyatakan lolos selanjutnya akan mengikuti tahapan training center pada tanggal 3 hingga 18 Agustus 2024.

Proses tahapan training center akan meliputi pembinaan berupa materi public speaking, leadership, fisik dan mental.

“Karena kedepannya Paskibraka akan menjadi duta bagi para pemuda yang dapat menjadi contoh baik dan teladan bagi kalangan generasi pemuda. Dan diharapkan kedepannya juga para paskibraka ini merupakan para calon pemimpin di masa depan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, upacara 17 Agustus di Kota Tangsel untuk tahun ini rencananya akan dilaksanakan di markas Batalyon Kavaleri 9 yang berada di jalan Raya Serpong, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter