TANGSELIFE.COM– Pada 10 hari pertama Ramadan 2023 banyak amalan yang perlu dilakukan untuk meraih banyak pahala.

Saat bulan Ramadan ada banyak keistimewaan di dalamnya sehingga orang-orang berlomba untuk perbanyak amalan 10 hari pertama di bulan Ramadan.

Pada 10 hari ramadan dianggap mulia jika umat muslim mampu beribadah dengan sebaik-baiknya dengan tujuan untuk mengharap ridha dan keberkahan dari Allah SWT.

Banyak amalan yang bisa dilakukan supaya keutamaan 10 hari pertama bulan ramadan bisa didapatkan. Beberapa di antaranya seperti berzikir, mengerjakan berbagai sunnah, dan yang lainnya.

Amalan 10 Hari Pertama Ramadan

Untuk itu mari ketahui amalah 10 hari pertama ramadan yang dapat memberikan pahala serta berkah dari Allah SWT sesuai tuntunan Rasulullah SAW, yakni:

1. Membaca Alquran

Membaca ALquran merupakan sunnah yang bisa dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa, khususnya pada saat puasa ramadan. Hal ini didasari pada hadist shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

“Jibril alaihissalam mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Quran”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menyibukan Diri dengan Ilmu dan Tilawah

Selain menyibuka diri dengan membaca Alquran, shalawat kepada Nabi dan ziki-zikir baik saat siang maupun malam juga bentuk amalan yang bisa dilakukan saat 10 hari pertama ramadan..

3. Salat Tarawih, Witir, dan Tahajud

Amalan selanjutnya yang bisa dikerjakan dan tentunya menjadi amalan yang sangat penting untuk dilakukan adalah salat tarawih, witir, dan tahajud.

Hal ini juga disebutkan dalam hadist tentang salat sunnah di malam bulan Ramadan:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu beliau berkata: sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang mendirikan bulan Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosadosanya yang telah lalu” (HR.al-Bukhari & Muslim).

4. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Saat sedang puasa Ramadan, biasanya banyak mushala dan masjid yang mengadakan buka bersama yang mana bukaanya berasal dari sumbangsih masyarakat sekitar.

Hal itu ternyata merupakan anjuran dalam bentuk memberi makan orang yang berpuasa dan bisa diamalkan saat 10 hari pertama ramadan.

Memberi makan orang yang berpuasa tidak perlu harus mewah atau dalam jumlah banyak, asalkan cukup dan bisa mengenyangkan perut.

Rasulullah SAW telah bersabda:

Siapa yang memberi makan (saat berbuka) untuk orang yang puasa, maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang diberi makannya itu tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya” (HR At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaemah).

5. Memperbanyak Sedekah

Amalan selanjutnya yang bisa dikerjakan adalah memperbanyak sedekah. Bentuk sedekah banyak ragamnya, termasuk diantaranya adalah memberi keleluasaan belanja pada keluarga, atau kerabat.

Dalam hadist disebutkan ketika Jibril as, mendatangi Rasulullah SAW:

Adalah Rasulullah SAW orang yang sangat murah dengan sumbangan. Dan saat beliau paling bermurah adalah di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril” (HR Bukhari dan Muslim).

6. Pergi Umrah

Umrah yang dilakukan pada saat bulan Ramadan menjadi perkara yang sangat utama, bahkan pahalanya bisa menyamai dengan ibadah haji yang dilakukan di bulan Zulhijah.

Rasulullah SAW bersabda:

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِل حَجَّةً

Artinya:
Bila datang bulan Ramadhan, maka lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan itu (pahalanya) menyamai haji” (HR. Bukhari dan Muslim).

Para ulama hadist menyatakan maksud setara dengan ibadah haji bukan berarti setara kedudukannya dengan ibadah haji yang merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu menjalankannya serta masuk dalam rukun Islam kelima.

7. Menjaga Lidah dan Anggota Tubuh

Saat sedang menjalankan ibadah puasa disunnahkan untuk meninggalkan semua perkataan kotor dan keji, serta membawa kefasikan dan kejahatan.

Hal tersebut termasuk di dalamnya adalah ghibah (bergunjing), namimah (mengadu domba), dusta serta kebohongan.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Siapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh dia untuk meninggalkan makan minumnya (puasanya). (HR Bukhari, Abu Daud, At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah)

Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Janganlah kamu melakukan rafats dan khashb pada saat berpuasa. Bila orang mencacinya atau memeranginya, maka hendaklah dia berkata, “Aku sedang puasa.”” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa-doa 10 Hari Pertama Ramadan

Selain melakukan amalan-amalan tadi saat 10 hari pertama bulan ramadan. Dilansir dari buku Kedahsyatan Puasa susunan M. Syukron Maksum, berikut doa-doa yang bisa dibaca saat 10 hari pertama bulan ramadan.

1. Doa Hari Pertama Ramadan

اللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِي فِيْهِ صِيَامَ الصَّائِمِيْن وَقِيَامِي فِيْهِ قِيَامَ الْقَائِمِيْنَ وَنَبِّهْنِي فِيْهِ عَنْ نَوْمَةِ الْغَافِلِيْنَ . وَهَبْ لِي جُرْمِي فِيْهِ يَا إِلَهَ العَالَمِيْنِ وَاعْفُ عَنِّي يَا عَافِياً عَنِ الْمُجْرِمِيْن

Artinya: “Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini puasa mereka yang shiyam. Dan ibadah malamku termasuk ibadah mereka yang qiyam. Bangunkan aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. Ampuni dosa-dosaku, wahai Tuhan semesta alam. Maafkan segala kesalahanku, wahai yang mengampuni setiap hamba-Nya yang memohon ampunan.

2. Doa Hari Kedua Ramadan

اللَّهُمَّ قَرِّبْنِي فِيهِْ إِلَى مَرْضَاتِكَ وَجَنِّبْنِي فِيْهِ مِنْ سَخَطِكَ وَنَقَمَاتِكَ وَوَفِّقْنِي فِيْهِ لِقِرَائَةِ آيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Artinya: “Ya Allah, dekatkan aku di bulan ini pada keridhaan-Mu. Jauhkan aku di dalamnya dari kemurkaan dan kebenian-Mu. Bimbinglah aku dengan kasih-Mu untuk membaca ayat-ayat-Mu. Wahai yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi.”

3. Doa Hari Ketiga Ramadan

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِى فِيْهِ الذِّهْنَ وَالتَّنْبِيْهَ وَبَاعِدْنِي فِيْهِ مِنَ السَّفَاهَةِ وَالتَّمْوِيْهِ وَاجْعَلْ لِى نَصِيْباً مِنْ كُلِّ خَيْرٍ تُنْزِلُ فِيْهِ بِجُوْدِكَ يَا أَجْوَدَ الْأَجْوَدِيْن

Artinya: “Ya Allah, karuniakan kepadaku di bulan ini pemahaman dan kecerdasan. Jauhkan aku dari kebodohan dan kejahilan. Anugerahkan padaku bagian dari setiap kebaikan yang Engkau turunkan di bulan ini. Wahai Yang Maha Dermawan dari segala yang dermawan.”

4. Doa Hari Keempat Ramadan

اللَّهُمَّ قَوِّنِى فِيْهِ عَلَى إِقَامَةِ أَمْرِكَ وَأَذِقْنِي فِيْهِ حَلَاوَةَ ذِكْرِكَ وَ أَوْزِعْنِي فِيْهِ لَآدَاءِ شُكْرِكَ بِكَرَمَتِكَ وَاحْفَظْنِى فِيْهّ بِحِفْظِكَ وَسِتْرِكَ يَا أَبْصَرَ النَّاظِرِين.

Artinya: “Ya Allah, berikan kepadaku di bulan ini kekuatan untuk melaksanakan perintah-Mu. Biarkan aku merasakan nikmatnya berzikir kepada-Mu. Ilhamkan kepadaku untuk senantiasa bersyukur kepada-Mu. Lindungi aku dengan penjagaan dan perlindungan-Mu. Wahai yang Maha Melihat segala sesuatu.”

5. Doa Hari Kelima Ramadan

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ الْقَانِتِيْن وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنْ أَوْلِيَائِكَ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَأْفَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Artinya: “Ya Allah, jadikan aku di bulan ini mereka yang beristighfar kepada-Mu. Masukan aku ke dalam kelompok merka yang saleh di antara hamba-hamba-Mu. Tuliskan aku di antara kelompok para kekasih yang dekat dengan-Mu. Demi kasih-Mu, Wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi.

6. Doa Hari Keenam Ramadan

اللَّهُمَّ لَا تَخْذُلْنِي فِيْهِ لِتَعَرُّضِ مَعْصِيَتِكَ وَلَا تَضْرِبْنِي بِسِيَاطِ نَقِمَتِكَ وَزَحْزِحْنِى فِيْهِ مِنَ مُوْحِبَاتِ سَخَطِكَ بِمَنِّكَ وَ آيَادِيْكَ يَا مُنْتَهَى رَغْبَةِ الرَّاغِبِيْن

Artinya: “Ya Allah, jangan Engkau rendahkan aku di bulan ini untuk bermaksiat kepada-Mu. Jangan Engkau dera aku dengan cambuk kemurkaan-Mu. Jauhkan aku dari datangnya siksaan-Mu. Demi anugerah-Mu, Wahai Tumpuan para pemdamba.

7. Doa Hari Ketujuh Ramadan

اللَّهُمَّ أَعِنِّى فِيْهِ عَلَى صِيَامِهِ وَقِيَامِهِ وَجَنِّبْنِى فِيْهِ مِنْ هَفَوَاتِهِ وَاثَامِهِ وَارْزُقْنِي فِيْهِ ذِكْرَكَ بِدَوَامِهِ بِتَوْفِيْقِكَ يَا هَادِيَ الْمُضِلِّيْنَ

Artinya: “Ya Allah, bantulah aku di bulan ini untuk menu- naikan puasa dan menegakkan shalat-shalat- nya. Hindarkan aku dari kesalahan dan dosa, anugerahkan padaku kelestarian dalam berzikir pada-Mu. Demi taufiq-Mu, Wahai Pemberi Petunjuk orang-orang yang tersesat.

8. Doa Hari Kedelapan Ramadan

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَاِطْعَامَ الطَّعَامِ وَاِفْشَاءَ السَّلَامِ وَصُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَامَلْجَأَ الْأَمِلِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, anugerahkan kepadaku di bulan ini, rasa sayang kepada anak-anak yatim, memberi makan kepada orang-orang yang lapar, menebarkan salam dan persahabatan dengan mereka yang dimuliakan. Demi kemurahan-Mu, Wahai Tumpuan para pengharap.”

9. Doa Hari Kesembilan Ramadan

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي فِيْهِ نَصِيْباً مِنْ رَحْمَتِكَ الوَاسِعَةِ واهْدِنِي فِيْهِ لِبَرَاهِيْنِكَ السَّاطِعَةِ وَخُذْ بِنَاصِيَتِى إِلَى مَرْضَاتِكَ الْجَامِعَةِ بِمَحَبَّتِكَ يَا أَمَلَ الْمُشْتَاقِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, limpahkan padaku di bulan ini, bagian dari luasnya rahmat-Mu. Bimbinglah aku untuk memahami tanda-tanda kekuasaan-Mu. Peganglah ubun-ubunku (tariklah aku) menuju himpunan keridhaan-Mu. Demi Cinta-Mu, Wahai Tujuan para perindu.

10. Doa Hari Kesepuluh Ramadan

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى فِيْهِ مِن الْمُتَوَكَّلِيْنَ عَلَيْكَ وَاجْعَلْنِى فِيْهِ مِنَ الْفَائِزِيْنَ لَدَيْكَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ إِلَيْكَ بِأَحْسَانِكَ يَاغَايَةَ الطَّالِبِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, jadikan aku di bulan ini, termasuk mereka yang bertawakal kepada-Mu. Gabungkan aku ke dalam kelompok mereka yang beruntung di sisi-Mu. Himpunkan aku bersama mereka yang dekat dengan-Mu. Wahai Dambaan para pencari.”