TANGSELIFE.COM – Sebanyak 8 perumahan di Tangsel terendam banjir akibat diguyur hujan deras pada Rabu, 6 Desember 2023.

Ke-8 perumahan di Tangsel itu di antaranya ada yang merupakan titik banjir baru.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel sendiri mencatat sedikitnya terdapat 8 perumahan di kota bermotto Cerdas, Modern dan Religius itu terendam air.

Uniknya dari titik banjir di Kota Tangsel, seluruhnya terjadi di kawasan perumahan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, Fahrizal Gumay mengatakan, dari seluruh titik banjir tersebut terdapat 558 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Gumay mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah perumahan itu disinyalir karena dibangun di wilayah dataran rendah yang memang memiliki potensi untuk terjadinya potensi banjir.

“(karena) perencanaan pembangunan yang mengizinkan pembangunan rumah itu di daerah rawan banjir dan dataran rendah,” kata Gumay, kepada tangselife.com, Jumat, 8 Desember 2023.

Padahal, lanjut Gumay, BPBD sendiri telah minta untuk dilibatkan dalam proses penerbitan izin pembangunan perumahan.

Dengan begitu pihaknya bisa turut memberikan rekomendasi untuk langkah antisipasi potensinya terjadi bencana di wilayah tersebut.

“Kita sudah minta dilibatkan dalam hal itu tapi tidak pernah dilibatkan. Harusnya kita dilibatkan, misalnya boleh dibangun disana lalu antisipasinya apa,” tuturnya.

“Kalau dataran rendah mungkin kita bisa sarankan dibuatkan lubang resapan yang dalamnya 1 meter diameternya 4 itukan mengurangi dampak dari banjir,” pungkasnya.

Berikut 8 perumahan di Tangsel yang terendam banjir:

1. Perum BPI RW 04 Pamulang Timur 

Banjir yang terjadi di BPI RW 04 tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 90 centimeter dan 60 KK terdampak.

2. Perumahan Lembah Pinus Pamulang Barat 

Banjir yang terjadi di Perumahan Lembah Pinus tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 40 centimeter dan 98 KK terdampak.

3. Perum Reni Jaya Blok AC RW 17  Pamulang Barat

Banjir yang terjadi di Perumahan Reni Jaya tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 50 centimeter dan 80 KK terdampak.

4. Perumahan Rosewood Garden Kelurahan Serua 

Banjir yang terjadi di Perumahan Rosewood tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 50 centimeter dan 60 KK terdampak.

5. Perum Pamulang Asri 2 RW 09 Kelurahan Serua indah

Banjir yang terjadi di Perumahan Pamulang Asri tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 80 centimeter dan 120 KK terdampak.

6. BPI RW 09 Pamulang Barat

Banjir yang terjadi di BPI RW 09 tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 70 centimeter dan 80 KK terdampak.

7. Perumahan Puri Serpong 1 Blok F RT 06 RW 02 Kelurahan Setu

Banjir yang terjadi di Perumahan Puri Serponh tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 20 centimeter dan 30 KK terdampak.

8. Perumahan Namara RT 05/02 Kelurahan Benda Baru Pamulang

Banjir yang terjadi di Perumahan Namara tercatat hingga ketinggian mencapai kurang lebih 40 centimeter dan 30 KK terdampak. (Andre)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter