TANGSELIFE.COM- Kegiatan Istana Berkebaya salah satu rangkaian aacra yang digelar untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-78 RI.

Kegiatan itu digelar oleh pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta di sisi utara Jalan Medan Merdeka Utara, pada Minggu 6 Agustus 2023 sore.

Kegiatan Istana Berkebaya itu akan berlangsung di Istana Merdeka mulai pukul 15.30 hingga 17.45 WIB.

Acara yang digelar Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) dan Pemprov DKI Jakarta itu bekerjasama dengan Jakarta Fashion Week.

Dalam acara Istana Berkebaya itu akan dibuatkan arena catwalk sepanjang 200 meter untuk peragaan busana.

Kegiatan itu kirab kebaya itu akan melibatkan ibu negara, ibu wapres, ibu-ibu OASE-KIM, menteri dan wakil menteri perempuan, duta besar perempuan dan istri dubes.

Selain itu juga acara Istana Berkebaya itu juga akan diikuti ASN perempuan yang bekerja di instansi dan kementerian yang ada di Jakarta.

Guna mensukseskan acara tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan rekayasa arus lalu lintas (lalin) sekitar Istana Negara.

“Untuk menunjang kegiatan Istana Berkebaya akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas,” terangKepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Dia juga mengatakan kalau rekayasa lalu lintas di sepanjang Istana Negara itu akan digelar pada pukul 14.00-18.00 WIB.

“Untuk itu kami mengimbau pengguna jalan agar menghindari pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka,” terang Syafrin juga.

Berikut Rekayasa Lalu Lintas Mendukung Acara Istana Berkebaya

Rekayasa lalu lintas (lalin) untuk kegiatan Istana Berkebaya yang akan diikuti ribuan orang itu dilakukan untuk mencegah kemacetan.

Berikut rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh Dishub DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya.

1. Sepanjang Jalan Majapahit dari arah utara menuju selatan (Blok M) seluruh kendaraan bermotor dilarang melintas kecuali TransJakarta.

2. Sepanjang Jalan Veteran 1, 2 dan 3 dan selanjutnya di sekitar persimpangan antara Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara ditutup untuk seluruh kendaraan bermotor.

3. Transjakarta yang melalui JaIan Veteran 3-JaIan Medan Merdeka Utara sisi selatan dialihkan melalu JaIan Ir H Juanda-Jalan Majapahit dan Jalan Medan Merdeka Barat.

4. Arus kendaraan dari arah JaIan Medan Merdeka Timur atau arah selatan yang menuju arah barat melalui Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Perwira-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Ir H. Juanda dan seterusnya.

5. Arus kendaraan yang melintas dari arah utara atau Jalan Hayam Wuruk yang menuju arah selatan atau Blok M dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda-Jalan Pos-JaIan Gedung Kesenian Jala Lapangan Banteng Utara- Jalan Lapangan Banteng Barat- Jalan Taman Penjambon-Jalan Penjambon dan terakhir Jalan Medan Merdeka Timur.

6. Arus kendaraan dari Jalan Ir H Juanda yang akan menuju ke arah selatan atau Blok M dialihkan melalui Jalan Suryapranoto-Jalan Tomang Raya-Jalan S Parman-JaIan Gatot Subroto dan seterusnya.

7. Arus kendaraan dari JaIan Tomang Raya dan Jalan Suryopranoto yang akan menuju ke arah selatan atau Blok M dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Taman Pejambon-Jalan Pejambon dan Jalan Medan Merdeka Timur.

8. Arus kendaraan dari arah Selatan (Blok M) menuju ke arah utara atau Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Majapahit dan seterusnya tetap dapat dilintasi dan berlaku normal.

Acara Istana Berkebaya Berdampak Pengalihan Rute Angkutan Umum

Selain pengalihan arus, sejumlah angkutan umum terdampak rekayasa lalu lintas pada saat acara Istana Berkebaya mulai dari angkot BRT dan bus pariwisata.

Yakni BRT 2 Pulo Gadung-Monas, BRT 2A Pulogadung-Rawa Buaya, BRT 2ST Juanda-Bundaran HI, BRT 2C Monas-JIExpo serta BRT 3 Kalideres-Monas.

Ada juga pengaliha Bus Wisata BW2 Jakarta Modem, Bus Wisata BW4 Pencakar Langit, Bus Wisata BW9 Monas-PIK.

Bus pariwisata itu akan dialihkan melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pulo Gadung-Rawa Buaya Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat. 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow