TANGSELIFE.COM-Aksi May Day pada 1 Mei 2023 akan diikuti 50 ribu buruh. Aksi demonstrasi itu akan dipusatkan Istana Negara, Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Istora Senayan

Presiden Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan bahwa jumlah pekerja yang ikut memperingati hari buruh internasional tersebut masih kurang.

Awalnya, ditargetkan sebelumnya kaum buruh yang akan ikut aksi pada Hari Buruh Internasional itu berjumlah sekitar 100 ribu orang.

Tapi masih banyak pekerja yang mengambil cuti tambahan pasca cuti bersama Lebaran 2023. Meski demikian, kata Iqbal juga, perayaan May Day tetap dilakukan pada tanggal 1 Mei 2023.

“Memang agak sulit saat ini mengumpulkan masa, karena rata-rata buruh akan kembali bekerja masuk pada tanggal 2 Mei 2023,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Kamis, 27 April 2023 kemarin.

Dia memaparkan untuk buruh yang ada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten akan difokuskan berdemo di depan Istana, Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Istora Senayan. 

Iqbal juga memaparkan aksi dijadwalkan dimulai pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB di depan Istana Negara dan Gedung MK, kemudian berlanjut pada pukul 13.00 WIB di Istora Senayan. 

Sedangkan untuk buruh di daerah, Iqbal menjelaskan perayaan May Day akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan titik aksi kantor gubernur setempat.

Pada peringatan May Day tahun 2023 ini setidaknya ada 6 isu pokok yang akan dibawa oleh serikat buruh. 

Yakni, pencabutan Omnibus Law UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja, sahkan RUU PPRT, menolak RUU Kesehatan, cabut ketentuan parliamentary threshold 4% dari total suara sah nasional.

Lalu, wujudkan reforma agraria dan kedaulatan pangan, dan buruh menyerukan masyarakat untuk memilih calon presiden yang pro buruh dan kelas pekerja.

Selain akan diikuti oleh puluhan ribu buruh yang terdiri dari beberapa organisasi serikat pekerja hingga serikat petani, diperkirakan sejumlah organisasi mahasiswa juga akan ikut berdemo di Jakarta.

Polisi Kerahkan Ratusan Personel

Sementara itu guna menjamin keamanan May Day 2023, Polres Kota Tangerang akan mengerahkan ratusan personel gabungan.

“Untuk jumlah personel yang akan kita kerahkan kurang lebih 58 personel di tiap titik pengamanannya atau tempat aksi buruh,” terang  Wakapolresta Tangerang AKBP Indra, Jumat 28 April 2023.

Dia juga mengatakan total lima simpul titik pengamanan perayaan Hari Buruh di Kabupaten Tangerang tersebut. 

Seperti pada exit tol Balaraja Barat, exit tol Balaraja Timur, dan Cikupa serta di sejumlah Kawasan Citra Raya yang jadi tempat aksi para butuh tersebut. 

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Polres Metro Tangerang Kota dan Polres Tangerang Selatan hingga terjadi pembagian tugas pengamanan di jalur exit tol,” katanya juga.

Dia juga  menyebutkan, dari wilayah Kabupaten Tangerang ada beberapa kelompok buruh yang akan berencana melakukan peringatan May Day 2023 ke Jakarta. 

Karena itu pihaknya pun melakukan langkah pengawasan secara ketat terhadap aksi konvoi buruh di sepanjang jalur yang bakal dilalui mereka.

“Ada beberapa perusahaan yang menjadi pemantauan kami yang nantinya akan disiapkan personel pengamanan,” paparnya juga.

Sebagai mengantisipasi aksi May Day yang dilakukan di Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan patroli rutin di sejumlah kawasan industri.

Utamanya industri yang berlokasi di kawasan Balaraja, Pasar Kemis, Cikupa dan Tigaraksa. ”Walau kegiatan demo terpusat di Jakarta. Kami tetap patroli rutin ke sejumlah industri,” cetusnya.