TANGSELIFE.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan mudik lebih awal di Pelabuhan Merak, Banten.

Imbauan tersebut tak lain untuk menekan lonjakan mobilitas masyarakat di jalur Pelabuhan Merak selama arus mudik Lebaran 2024.

“Tentunya kami semua mengimbau agar mudiknya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Jika tidak ada kegiatan, bisa melaksanakan mudik lebih awal dan lebih cepat,” kata Listyo, Senin 1 April 2024.

“Masyarakat bisa mengatur waktu untuk menghindari puncak-puncak arus mudik, yang biasa mungkin melaksanakan kegiatan malam hari bisa bergeser ke siang hari,” tuturnya.

Untuk penanganan keamanan, Listyo juga meminta masyarakat melapor ke petugas pengamanan atau pos pelayanan terdekat jika menemukan tindakan kriminal.

“Apabila masyarakat merasa dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu rawan kejahatan, silakan melapor ke pos terdekat,” ujar Listyo.

ASDP Siapkan 3 Buffer Zone di Tol Jakarta-Tangerang ke Pelabuhan Merak

Untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan, PT ASDP Indonesia Ferry siapkan tiga buffer zone di Tol Jakarta-Tangerang menuju Pelabuhan Merak.

Buffer zone memiliki peran penting mengingat fungsinya sebagai delaying system pada sejumlah titik lokasi di luar pelabuhan.

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi menjelaskan, delaying system mengatur volume arus serta memastikan pengendara yang sudah memiliki tiket.

Tiga titik buffer zone yang disiapkan ASDP dari arah Tol Jakarta-Tangerang menuju Pelabuhan Merak, yakni rest area KM 13, KM 43, dan KM 68.

Ketiga rest area tersebut dilengkapi fasilitas tambahan tenaga pelayanan untuk melakukan skrining pengguna jasa yang belum memiliki tiket.