TANGSELIFE.COM – Peredaran uang palsu di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah mulai diantisipasi.

Antisipasi peredaran uang palsu di Tangsel itu mulai dilakukan oleh Polsek Pondok Aren menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Untuk mengantisipasi peredaran uang palsu di Tangsel, Polsek Pondok Aren melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan, Jumat, 29 Maret 2024.

Kapolsek Pondok Aren, Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan, pusat perbelanjaan yang didatangi salah satunya pasar-pasar tradisional.

“Pedagang-pedagang di pasar ini biasanya rentan terhadap peredaran uang palsu di Tangsel, salah satunya karena mereka tidak mempunyai alat khusus untuk melakukan pengecekan uang palsu,” kata Bambang.

Bambang menyebut, dalam mengantisipasi peredaran uang palsu di Tangsel itu pihaknya menerjunkan sejumlah personel ke beberapa pusat perbelanjaan.

Salah satu lokasi yang didatangi yaitu pasar pagi yang berada di Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren.

Pihaknya, kata Bambang, meminta masyarakat untuk lebih waspada dan tidak segan untuk melaporkan jika menemukan uang palsu.

Menurutnya, salah satu langkah utama untuk mengetahui uang  palsu atau tidak masyarakat bisa melakukan dengan cara 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang.

Selain antisipasi peredaran uang palsu, pihak Polsek Pondok Aren juga memantau stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk mencegah terjadinya praktik kecurangan yang merugikan konsumen.

“Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terkait kecurangan volume BBM di SPBU kepada konsumen sebagaimana yang viral di media sosial belakangan ini,” pungkasnya.

Intan
Editor
Andre Pradana
Reporter