TANGSELIFE.COM – Ruas Jalan Tol Pamulang-Cinere mulai dioperasikan pada periode Nataru 2023/2024 (Natal 2023 dan Tahun Baru 2024).

Jalan Tol Pamulang-Cinere sudah bisa dilewati kendaraan mulai tengah malam nanti, tepatnya pada Jumat 22 Desember 2023 pukul 00.00 WIB.

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi II Pamulang-Cinere ini belum dikenakan tarif alias masih gratis.

Belum adanya tarif mengingat selama periode Nataru 2023/2024, Tol Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 km ini masih dibuka secara fungsional.

Saat ini, besaran tarif tol Pamulang-Cinere masih tengah dipertimbangkan oleh PT Jasa Marga Tbk (Persero) melalui PT Cinere Serpong Jaya (CSJ).

Prediksi Tarif Tol Pamulang-Cinere Mulai Rp11.000

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul mengatakan, tarif tol Serpong-Cinere seksi II Pamulang-Cinere diprediksi mulai Rp11.000.

Sebagaimana diketahui, tarif tol Serpong-Pamulang seksi I telah diberlakukan sebesar Rp11.000 untuk golongan I.

“Kalau kami dari Rp11.000 yang merupakan tarif hanya seksi I, rencananya akan menjadi Rp19.000 untuk seksi I dan sesi II,” ujar Mirza, Senin 18 Desember 2023.

Menurut Mirza, saat ini pihaknya memiliki dua opsi untuk penerapan tarif Tol Pamulang-Cinere, yaitu melanjutkan tarif lama atau menentukan tarif baru.

“Kami masih punya dua opsi kalau misalnya kita bertarif tanpa tarif baru itu masih sama, artinya untuk ruas CSJ sendiri hanya tarif seksi I yaitu Rp11.000,” jelasnya.

Namun, keputusan akhir terkait penerapan tarif tol ini akan ditentukan oleh pemerintah kelak.

“Kalau ternyata kebijakan pemerintah adalah langsung mengenakan tarif baru di seksi II dan menyesuaikan tarif di seksi I yang notabene sudah 2 tahun, dari Rp11.000 menjadi Rp19.000 hanya untuk di luar CSJ saja,” tutupnya.

Dengan tersambungnya Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km, maka perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta, makin cepat.

Ditambah, ruas Jalan Tol Pamulang-Cinere telah tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo.

“Nantinya ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+250 akan tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo,” kata Mirza dalam keterangan resmi, Jumat 29 September 2023.

“Dengan tersambungnya jalan tol dimaksud, pengguna jalan yang akan keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi akan melakukan transaksi di Gerbang Tol Limo yang akan dioperasikan oleh PT TLKJ,” lanjutnya.

Mirza menuturkam Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023.