TANGSELIFE.COM – Sebagian ruas jalan Benda Raya yang berada di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terlihat mulai kembali rusak pada beberapa sisi.

Padahal jalan Benda Raya yang menghubungkan wilayah Parakan Pamulang dan wilayah Serua Ciputat itu baru diperbaiki pada akhir 2023 lalu.

Selain terdapat kerusakan pada beberapa sisi, jalan di sepanjang Benda Raya juga terlihat dipenuhi bebatuan kecil dan berpasir sehingga sangat membahayakan pengendara.

Titik kerusakan terparah diantaranya terlihat di depan perumahan Cendana Residence dan depan sekolah Waskito.

Salah seorang juru parkir, Angga mengatakan, sejauh pengetahuannya memang belum ada kejadian kecelakaan akibat jalan yang berpasir.

Namun ia tak menampik kondisi jalan yang berpasir sangat berbahaya bagi para pengendara yang melintasi jalur tersebut.

“Setau saya si belum ada (yang kecelakaan) tapi jangan sampai ada kecelakaan. Tapi emang bahaya, karena jalanan pasti licin,” katanya saat berbincang dengan Tangselife.com, Sabtu, 13 Januari 2024.

Senada, salah seorang pengendara yang juga merupakan warga Benda Baru Pamulang, Adit menyebut, ia sering kali harus menurunkan kecepatan kendaraannya saat melintas jalan tersebut.

Ia mengaku merasa khawatir lantaran sebagian sisi jalan terdapat banyak bebatuan dan berpasir.

“Pasti pelan-pelan kalau lewat sini (Jalan Benda Raya, red), paling kalau mau aman lebih ambil ke tengah yang jalannya lebih bersih,” tandasnya.

Sementara itu Humas Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel, Kemal mengungkapkan, bahwa dalam beberapa hari terakhir pihaknya juga telah menerima aduan terkait beberapa sisi jalan yang mulai kembali rusak dan berpasir.

“Keluhan sudah masuk dari beberapa warga, kami langsung sampaikan ke pihak kontraktor,” kata Kemal ketika dihubungi melalui sambungan Telpon.

Menurut Kemal, aspal yang rusak kemungkinan disebabkan oleh air akibat hujan yang mengguyur Kota Tangsel dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya aspal memiliki jangka waktu tertentu sehingga dapat awet dan tahan lama.

Meski demikian, lanjut Kemal, proyek pengaspalan tersebut masih dalam masa garansi dari pihak kontraktor. Sehingga dalam waktu dekat, ruas jalan Benda Raya akan kembali diperbaiki

“Itu masih ada masa pemeliharaan, nanti mereka turun, saat ini sedang mengukur berapa panjang yang mau diperbaiki. Dilihat dulu (kerusakannya) nanti tergantung mereka, biasanya di layer ulang secara keseluruhan,” tuturnya.

“Mereka yang menjadwalkan, karena kan (mempertimbangkan) terkait mobilisasi juga alat dan sebagainya,” pungkas Kemal.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter