TANGSELIFE.COM – Bayar BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Terbaru, kini daftar dan bayar BPJS Ketenagakerjaan bisa dibayar dengan mudah melalui e-commerce Shopee.

Zainudin selaku Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan mengajak seluruh mitra Shopee dan pekerja untuk mendaftarkan dirinya jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan memanfaatkan fitur daftar dan bayar yang sudah ada di aplikasi Shopee.

Kerja sama ini bisa terjadi karena pemahaman bahwa di dalam ekosistem e-commerce terdapat jutaan pekerja informal yang belum terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Di tahun 2023 ini BPJS Ketenagakerjaan fokus pada 4 ekosistem yang meliputi ekosistem pasar, ekosistem UKM dan e-commerce, serta pekerja rentan.

Oleh karena itu pihaknya mengajak Shopee bekerja sama sebagai e-commerce tersebsar di Indonesia.

Zainudin menambahkan, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, tahun ini akan ada 24 juta UKM yang akan menuju digital.

Maka dari itu BPJS Ketenagakerjaan harus siap sedia melindungi para pekerja tersebut.

Lebih lanjut para pekerja yang sudah mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa membayar iuran di Shopee mulai dari Rp21.600 untuk dua orang per bulan.

Dengan begitu mereka akan mendapatkan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Mereka yang sudah daftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan akan menerima benefit, antara lain perawatan tanpa batas biaya, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan, santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja, santunan cacat total tetap, sampai layanan homecare. 

Sementara itu jika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja, sang ahli waris akan mendapat santunan sebesar Rp42 juta sekaligus beasiswa pendidikan untuk dua orang anak.

Beasiswa pendidikan tersebut dimulai dari jenjang TK sampai perguruan tinggi dengan maksimal biaya Rp174 juta.

Sementara itu Daniel Minardi selaku Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia mengungkapkan kalau pihaknya menyadari akan pentingnya perlindungan terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan.

Jaminan yang diberikan itu guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan atas jaminan di masa depan dan hari tua, terutama bagi pekerja atau mitra yang tergabung dalam ekosistem Shopee.

Daniel menambahkan kalau risiko kerja dapat terjadi pada siapa pun, di mana dan kapan saja.

Layanan yang diberikan Shopee tak sekadaran untuk pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, melainkan bisa digunakan sebagai daftar.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan lewat Shopee

Kali ini pekerja tak hanya bisa daftar jadi peserta di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan karena Shopee sudah menyediakan fitur untuk daftar bagi calon peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan, dan Tiket
  3. Pilih menu BPJS
  4. Pilih Operator: klik banner Daftar BPJS Ketenagakerjaan
  5. Masukkan jumlah tenaga kerja dan bulan pembayaran
  6. Isi seluruh data yang diminta
  7. Lakukan proses pembayaran lewat Shopee

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat Shopee

Bagi peserta yang baru atau sudah daftar kini Shopee juga menyediakan fitur bayar BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkah pembayaran BPJS Ketenagakerjaan lewat Shopee:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan, dan Tiket
  3. Pilih menu BPJS
  4. Pilih Operator: klik BPJS Ketenagakerjaan
  5. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  6. Pili periode pembayaran
  7. Selesaikan proses pembayaran lewat Shopee

Zainudin ajak seluruh mitra Shopee dan pekerja untuk mendaftarkan diri jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ia berharap kemudahan ini mampu mengakselerasi cakupan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.

Dengan demikian, semakin banyak pekerja yang bisa kerja keras tanpa perlu cemas.