TANGSELIFE.COM – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, didemo warga Israel, Sabtu 4 November 2023.

Aksi demonstrasi warga Israel berlangsung di depan kediaman PM Benjamin Netanyahu di Yerusalem.

Dalam aksinya, warga Israel menuntut PM Benjamin Netanyahu mundur dari jabatannya dan segera dijebloskan ke dalam penjara.

PM Benjamin Netanyahu Dituntut Mundur

Aksi demonstrasi warga Israel merupakan bentuk kemarahan atas serangan mendadak kelompok milisi Palestina Hamas pada 7 Oktober lalu.

Sembari mengibarkan bendera Israel, para pendemo meneriakkan kalimat ‘penjara sekarang!’ yang ditujukan untuk Netanyahu.

warga Israel demo PM Benjamin Netanyahu
warga Israel tuntut Netanyahu mundur dan dijebloskan ke penjara.

Aksi protes itu bahkan nyaris melampaui batas lantaran ratusan massa menerobos penghalang yang dipasang polisi di sekitar kediaman Netanyahu.

Aksi demo tersebut juga bertepatan dengan jajak pendapat yang menyatakan bahwa lebih dari tiga perempat warga Israel ingin Netanyahu mengundurkan diri.

Jajak pendapat itu menggarisbawahi adanya peningkatan kemarahan publik terhadap para pemimpin politik sekaligus kondisi keamanan mereka.

Sejauh ini, Netanyahu belum menyatakan bahwa ia bertanggung jawab atas serangan mendadak Hamas yang menewaskan lebih dari 1.400 korban di Israel, juga dan menimbulkan korban 240 orang di Gaza.

Update situasi terkini di Israel dikabarkan kian panas.

Ditambah, keluarga sandera yang ditahan di Gaza terus menuntut pemerintah untuk segera membawa pulang kerabat mereka.

Pihak keluarga sandera berpendapat bahwa Hamas perlu dilibatkan untuk pembebasan sandera.

Namun Pemerintah Israel kekeuh menegaskan bahwa tidak bakal ada kompromi dengan Hamas.

Di Tel Aviv, ribuan orang juga dikabarkan berdemonstrasi sembari mengibarkan bendera dan membawa foto sandera Hamas di Gaza,

Para demonstran juga membawa poster yang bertuliskan slogan-slogan seperti, ‘bebaskan para sandera sekarang dengan segala cara’.

Sejak serangan mendadak Hamas, Israel diketahui telah menggempur Gaza dari udara dan darat, yang menewaskan lebih dari 9.000 warga Palestina.

Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan sebagian besar wilayah telah menjadi puing-puing akibat serangan tanpa henti Israel.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Channel 13 Television Israel, 76 persen warga Israel menilai bahwa Netanyahu harus mengundurkan diri.

Netanyahu yang sudah menjabat enam kali sebagai perdana menteri itu dituntut warga Israel segera menyudahi kiprahnya.

Karena itu, sebanyak 64 persen warga mengatakan nantinya Israel harus segera mengadakan pemilu setelah perang.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife