TANGSELIFE.COM – Bentrokan antara dua kolompok massa yang diduga Pro-Israel dan pro-Palestina pecah di Kota Bitung Sulawesi Utara, Sabtu, 25 November 2023.

Bentrok antar dua kelompok massa ini viral di media sosial, dengan narasi massa pro-Israel dan pro-Palestina.
tampak ada kelompok massa yang berkumpul di badan jalan.

Massa tersebut tampak membawa bendera dengan perpaduan warna biru dan putih menyerupai bendera milik Israel.

Narasi video beredar menyebutkan dua kelompok massa pro-Israel dan massa pro-Palestina bertemu di jalan.

Kapolda Sulut Irjen Setyo Budiyanto mengatakan massa terlibat ribut-ribut merupakan dua kelompok organisasi kemasyarakatan (ormas). Salah satunya merupakan ormas yang pro terhadap Palestina.

“Kelompok yang satu ini sedang melaksanakan peringatan hari ulang tahun ke-12, kemudian ada satu lagi kegiatan dengan aksi belas Palestina. Mungkin ada sesuatu lain hal sehingga terjadi bentrokan,” ujarnya.

Bentrokan dua kelompok massa ini terjadi ruas jalan kota Bitung pada sore tadi. Aparat gabungan TNI-Polri lantas turun tangan meredam dua kelompok massa.

“Kondisinya sedang kita fokuskan untuk meredam untuk bisa melakukan cooling down, untuk bisa menetralisir supaya permasalahannya tidak semakin meluas,” katanya.

Irjen Setyo enggan berbicara lebih jauh saat ditanya soal dampak ribut-ribut tersebut. Namun dia memastikan situasi saat ini cukup kondusif.

“Sekarang masing-masing pihak kondisinya sudah rata-rata sudah kembali ke rumah masing-masing. Tinggal kita nanti melakukan patroli, meningkatkan pengamanan supaya malam ini mudah-mudahan sampai besok dan seterusnya situasi semakin kondusif dan aman,” pungkasnya.

 

Sopiyan
Editor