TANGSELIFE.COMKota Tangerang Selatan (Tangsel) genap berumur 15 tahun pada hari ini, Minggu 26 November 2023.

DPRD Kota Tangsel pun menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam peringatan hari jadi Kota Tangsel yang ke-15 tahun.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menyampaikan beberapa capaian Kota Tangsel dalam usianya yang telah menginjak 15 tahun.

Benyamin Davnie memaparkan bahwa sejumlah capaian yang telah diraih oleh Kota Tangsel tidak lepas dari peran seluruh stakeholder dalam semangat membangun Kota Tangsel.

“Selama 15 tahun ini, kita semua telah berupaya untuk menjalankan peran Kita masing-masing dalam membangun, menata dan memajukan kota Tangerang Selatan,” kata Benyamin Davnie, Minggu 20 November 2023.

Benyamin menjelaskan, dalam konteks perekonomian, indikator laju pertumbuhan ekonomi Kota Tangsel tercatat terus mengalami peningkatan, dimana angka pada triwulan II Tahun 2023 tercatat sebesar 5.82%.

Menurutnya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi berdasarkan investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sampai dengan Triwulan III telah mencapai Rp5,97 Triliun.

Benyamin Davnie, HUT ke-15 Kota Tangsel
Wali Kota Benyamin Davnie menyampaikan capaian Kota Tangsel di usia 15 tahun.

Lanjut Benyamin, hal itu meningkat signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang angkanya mencapai Rp4,65 Triliun.

Sementara untuk bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2022 terjadi kenaikan angka Indeks menjadi 81,95 dari yang sebelumnya di angka 81,60 pada tahun 2021.

“Capaian tersebut didukung oleh meningkatnya angka rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, Angka Harapan Hidup dan pendapatan per kapita per tahun,” terangnya.

Dalam konteks Ketenagakerjaan, Tingkat Pengangguran Terbuka di tahun 2023 tercatat pada angka 5,81% atau menurun 0,78% dari Tahun 2022 yang di angka 6,59%.

“Terhadap capaian ini Kami akan terus tingkatkan sehingga rasio penduduk yang bekerja dapat mencapai angka diatas 95%,” ungkap Benyamin.

Dalam upaya membangun infrastruktur, Benyamin turut membeberkan apa yang telah pihaknya lakukan dalam beberapa tahun terakhir, diantaranya meningkatkan kualitas jalan kota sepanjang 11,88 km.

Selain itu, terwujud pula pembangunan jalur pedestrian sepanjang 1.882 meter, meningkatkan kualitas jalan lingkungan sepanjang 98,83 km, serta meningkatkan kualitas saluran lingkungan sepanjang 61,27 km.

Sekedar informasi, Rapat Paripurna Istimewa DPRD dihadiri oleh seluruh stakeholder yang ada di Kota Tangsel.

Turut hadir diantaranya Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, seluruh anggota DPRD Kota Tangsel, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta sejumlah tokoh masyarakat Kota Tangsel.

 

Reporter: Andre Pradana

Dien
Editor