TANGSELIFE.COM– Program motor listrik subsidi yang dibuat oleh pemerintah membuat harganya menjadi murah dan terjangkau.

Pemerintah Republik Indonesia memberikan potongan harga untuk masyrakat yang berminat membeli motor listrik berbasis baterai dengan memanfaatkan program pemerintah ini.

Harga motor listrik subsidi berbasis baterai dibanderol Rp 7 juta per unit guna mempercepat era elektrifikasi.

Namun, pemberian motor listrik subsidi ini hanya ditujukan khusus untuk masyarakat yang dinilai tidak mampu saja.

Sebelumnya, calon pembeli motor listrik akan diseleksi terlebih dahulu lewat suatu aplikasi untuk menentukan berhak mendapatkan subsidi atau tidak.

Selain itu, untuk jenis motor listrik subsidi juga akan ditentukan oleh pemerintah mana saja yang masuk ke golongan program pemerintah.

Untuk mempermudah masyrakat Indonesia dalam membeli motor listrik subsidi, maka PT PLN (Pesero) sudah bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) dan beberapa manufaktur motor listrik.

Tujuan kerja sama itu untuk meningkatkan layanan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pembeli untuk langsung mengetahui jenis motor listik mana yang mendapatkan subsidi.

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, PLN Mobile ini menjadi wadah untuk produsen motor listrik dalam memasarkan produk mereka.

Sementara itu, untuk calon pembeli aplikasi ini satu-satunya cara untuk mengetahui informasi terkait motor listrik subsidi.

Kriteria Penerima Motor Listrik Subsidi.

Program motor listrik subsidi ini telah ditetapkan oleh pemerintah mulai dari jenis motor listrik apa, sampai pihak mana yang berhak mendapatkan subsidi.

Penerima subsidi motor listrik nantinya akan mendapat cashback hasil dari potongan harga ketika berhasil lolos dan melakukan transaksi pembelian motor listrik.

Berikut kategori masyarakat Indonesia yang menjadi penerima motor listrik subsidi:

  • Pengusaha Mikro Kecil dan Mengengah (UMKM).
  • Penerima KUR.
  • Masuk golongan penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).
  • Pelanggan listrik besaran 450-900 VA.

Jika Anda merasa memenuhi persyaratan itu segera periksa NIK melalui aplikasi PLN Mobile, setelahnya bisa datang langsung ke diler motor yang diincar atau menghubungi via telefon.

Cara memastikan apakah Anda masuk ke golongan orang yang berhak menerima subsidi itu dengan datang langsung ke diler motor listrik.

Kemudian, periksa nomor induk kependudukan (NIK) yang tercantum di KTP.

Head of Marketing Volta Indonesia Tamara Giovani memnegaskan, yang bisa mengecek apakah orang tersebut masuk golongan penerima subsidi atau tidak bisa dilakukan pihak diler motor listrik.

Tamara juga memaparkan, ada aplikasi khusus yang digunakan untuk mengecek dan yang memiliki akses hanya pihak diler.

Lalu, pembeli hanya tinggal datang dan di cek NIK-nya apakah termasuk golongan penerima motor listrik subsidi atau tidak.

Proses pengencekan ini juga tidak memakan waktu yang lama dibawah lima menit untuk kemudian mendapatkan hasil, jika lolos akan lanjut ke tahap pemebeliannya.

Dengan begitu transaksi pembelian motor listrik subsidi akan menjadi lebih aman dan jelas, sehingga pelanggan tidak perlu takut akan mendapatkan potongan atau tidak.