TANGSELIFE.COM – Communication in The Future atau CORE Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) 2024 menggelar dua acara utama berupa seminar nasional bertajuk “Urban Future: Environmental Quality and City Livability” yang diisi oleh Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., Aie Natasha, BSc., CSMP, Assoc. dan Prof. Dr. Edi Purwanto, S.E., M.M., M.M.T., M.H.

Adapun pada seminar kedua yang bertajuk “The Role of AI in Urban Communities” diisi oleh Assoc. Prof. Fariz Darari, Ph.D., Dann Rizky, MBA., serta Assoc. Prof. Dr. Geofakta Razali.

Berlangsung pada 5-6 Juni 2024, CORE UPJ 2024 sukses menjadi wadah diskusi inovatif bagi para akademisi, praktisi serta mahasiswa dalam penerapan Ilmu Komunikasi di masa depan.

Pada hari pertama, seminar nasional CORE 2024 UPJ diisi oleh Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., Aie Natasha, BSc., CSMP, dan Assoc. Prof. Dr. Edi Purwanto, S.E., M.M., M.M.T., M.H.. membahas soal kelayakan tempat tinggal.

Tria Patrianti sebagai pembicara pertama menggaris bawahi soal pentingnya dialog perubahan iklim sampai strategi mobilisasi masyarakat.

Sementara itu Aie Natasha sebagai pembicara berikutnya mengingatkan terkait pentingnya air bersih dan sanitasi layak dalam lingkungan tempat tinggal.

Pada sesi akhir acara di hari pertama, Edi Purwanto mengulik lebih dalam mengenai kaitan urban dengan ekonomi, baik itu strategi mobilisasi, isu lingkungan sampai kaitannya dengan ekonomi.

Ketiga pembicara di hari pertama tersebut menyajikan wawasan relevan untuk masa depan bagi audiens.

Hari ke-2 CORE UPJ 2024 diisi oleh Assoc. Prof. Fariz Darari, Ph.D., Dann Rizky, MBA., serta Assoc. Prof. Dr. Geofakta Razali.

Seminar diawali oleh Fariz Darari yang mendiskusikan korelasi manusia, data dan teknologi. Dilanjutkan oleh Dann Rizky (Dosen Traveler) yang menyajikan cara mengaplikasikan AI dalam keseharian.

Geofakta Razali menutup sesi pemaparan dengan mendiskusikan terkait AI, meliputi sejarah, dilema, penggabungan AI dan pengaruhnya sampai kemungkinan-kemungkinan AI.

AI yang semakin familier digunakan dalam berbagai sektor kehidupan, dikupas tuntas dalam seminar CORE UPJ 2024.

Dann Rizky, MBA atau yang sering disebut sebagai Dosen Traveler mengingatkan akan kekuatan AI yang semakin berkembang untuk digunakan dengan penuh tanggung jawab sesuai kebutuhan.

“Bagusnya kita harus mengikuti ya teknologi itu seperti apa terutama AI. Tapi tetap bijak dalam menggunakan AI itu sendiri,” sarannya.

Sebelumnya, Edi Purwanto telah mengingatkan bahwa hal tersebut mencerminkan karakteristik masyarakat perkotaan yang terbuka dengan perkembangan demi meningkatkan kualitas lingkungan hidupnya.

Berlangsung sejak 2021 lalu, CORE UPJ 2024 ini sukses diikuti oleh kurang lebih 1.100 peserta.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter