TANGSELIFE.COM – Di tengah meningkatnya tren harga minyak dunia, PT Pertamina (Persero) tidak menaikkan harga BBM Pertamina, baik untuk subsidi dan non subsidi.

Dengan demikian, harga BBM subsidi dan non subsidi bulan Juni 2024 seperti Pertalite, BioSolar, Pertamax, Pertamax Green, Pertamax Turbo, Pertamax Dex, dan Dexlite, masih sama seperti pada Mei 2024.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan pemerintah sepakat tidak menaikkan harga BBM Pertamina demi menjaga stabilitas ekonomi masyarakat.

“Penyesuaian harga BBM non subsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini, kami mendukung upaya Pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi,” ujar Irto, dikutip dari KompasTV.

Tidak naiknya harga BBM juga mengacu pada aspek-aspek yang tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

Dalam aturan Kepmen ESDM tersebut, perhitungan formulasi harga BBM di antaranya dipengaruhi oleh nilai tukar dolar AS dan MOPS (Mean of Plats Singapore).

Adapun sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerangkan alasan harga BBM subsidi dan non subdidi tidak naik sejak awal 2024.

Arifin mengatakan Pemerintah menahan harga BBM agar tetap stabil sampai Juni 2024 demi mendukung pemulihan ekonomi masyarakat usai mengalami pandemi Covid-19.

Daftar Harga BBM Pertamina per Juni 2024

Berikut daftar harga BBM Pertamina di SPBU seluruh Indonesia per hari Minggu 2 Juni 2024:

1. BBM Non Subsidi

– Pertamax Rp12.950 per liter;

– Pertamax Green 95 Rp13.900 per liter;

– Pertamax Turbo Rp14.400 per liter;

– Dexlite Rp14.550 per liter; dan

– Pertamina Dex Rp15.100 per liter.

2. BBM Subsidi

– Pertalite Rp10.000 per liter; dan

– BioSolar Rp6.800 per liter.

Harga tersebut berlaku di wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu