TANGSELIFE.COM – Hujan deras di Tangsel pada Rabu sore, 3 April 2024 berdampak bencana. Mulai dari pohon tumbang hingga banjir.

Diketahui, hujan deras di Tangsel terjadi sekira pukul 15.15 WIB dan berlangsung selama tiga jam. Parahnya, hujan deras juga disertai angin kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Essa Nugraha Sudjana mengatakan, dampak hujan deras di Tangsel itu berdasarkan laporan diterima terdapat 2 pohon tumbang, 2 titik lokasi longsor dan 7 lokasi terendam banjir.

“Laporan yang kami terima beberapa wilayah Tangsel turut terdampak dari hujan deras tersebut,” kata Essa.

Hujan deras di Tangsel
Dampak hujan deras di Tangsel menyebabkan pohon di halaman Kantor Dinas Sosial, Setu, tumbang dan menimpa motor, Rabu 3 April 2024. Foto: BPBD Tangsel

Berdasarkan data yang diterima Tangselife, pohon tumbang diantaranya terjadi di area kantor Dinas Sosial (Dinsos) Tangsel dan jalan Smapal, Kelurahan Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong.

Beruntung tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat peristiwa tersebut, namun 3 unit sepeda motor yang terparkir di area kantor Dinsos Tangsel sempat tertimpa pohon.

Sedangkan untuk tanah longsor terjadi di kantor Kelurahan Rawa Mekar. Longsor tersebut mengakibatkan tembok kantor Kelurahan ambruk dengan panjang kurang lebih 20 meter.

Sementara satu lokasi longsor lainnya terjadi di Kampung Cirompong Kecamatan Setu. Longsor tersebut mengakibatkan turap dengan tinggi sekira 5 meter dan panjang 15 meter ambrol.

Akibat musibah longsor itu, ada 10 Kepala Keluarga (KK) turut terdampak dan saat ini masih dalam penanganan BPBD Tangsel.

Sementara untuk peristiwa banjir terjadi di 7 titik yang tersebar 2 Kecamatan Ciputat dan Pamulang.

Untuk di Kecamatan Ciputat banjir terjadi di Kampung Maruga Kelurahan Serua, perumahan Puri Bintaro Indah, perumahan Rosewood,dan jalan Aria Putra Ciputat.

Sedangkan untuk di Kecamatan Pamulang banjir terjadi di perumahan BPI, perumahan Puri Pamulang dan perumahan Pamulang Asri.

Banjir yang terjadi memiliki ketinggian mata air yang berbeda mulai dari 25 hingga 50 centimeter Akibat kejadian banjir di seluruh wilayah tersebut sedikitnya 510 KK turut terdampak.

Intan
Editor
Andre Pradana
Reporter