TANGSELIFE.COM – Longsor terjadi di Tol Bogor Ciawi Sukabumi atau Tol Bocimi ambles di ruas KM 64 pada Rabu, 3 April 2024.

Tol Bocimi ambles itu terjadi di lajur arah Sukabumi. Akibatnya, arus lalu lintas di ruas tol pun terhambat.

Tol Bocimi ambles usai diguyur hujan deras sejak Rabu sore. Derasnya air hujan itu diduga menggerus lapisan tanah di bawah tol.

Titik longsor di Tol Bocimi utu berada di KM 64 atau tepatnya di Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat.

Akibat Tol Bocimi ambles itu, akses dari Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara untuk mengantisipasi longsor susulan yang membahayakan pengendara mobil yang melintas.

Soal musibah tersebut, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road pun angkat suara melalui rilis yang dikirimkan kepada awak media.

Dalam rilis yang dikeluarkan Corporate Secretary PT Waskita Toll Road, membenarkan bahwa ruas Tol Bocimi ambles di KM 64.

“Diduga longsor terjadi karena gerusan air akibat curah hujan yang lebat di sekitar lokasi,” tulis rilis tersebut.

Mereka menuturkan, saat ini musibah longsor di Tol Bocimi itu tengah ditangani oleh PT Trans Jabar Tol yang merupakan pemilik konsesi jalan Tol Bocimi.

Bahkan, PT Trans Jabar Tol juga melakukan pengaturan lalu lintas dengan mengarahkan rute alternatif yang aman dilalui pengendara.

“Kendaraan dari arah Ciawi menuju Parungkuda dialihkan keluar di Cigombong. Adapun akses dari arah Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara guna menghindari potensi longsor tambahan,” paparnya.

Dalam musibah Tol Bocimi ambles itu dikabarkan ada satu mobil yang terperosok ke dalam jurang longsor. Meski begitu, belum ada informasi lanjutan soal adanya korban jiwa dalam longsor tersebut.

Tol Bocimi Ambles: Kado HUT ke-78 Habiskan Rp5,4 triliun

Diketahui, Tol Bocimi ini diklaim sebagai kado HUT ke-78 Republik Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat peresmian pada Agustus 2023 lalu.

Pembangunan Tol Bocimi ini sudah dimulai sejak 2011 lalu, tetapi pembangunannya molor karena disebut terkendala pembebasan lahan.

Tol Bocimi ini dibangun sejumlah seksi. Seksi 1 Tol Bocimi meliputi Ciawi-Cigombong ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 1 Desember 2018 lalu.

Sedangkan pada Agustus 2023 lalu, Presiden Jokowi meresmikan seksi 2 Tol Bocimi meliputi Cigombong-Cibadak.

Hadirnya Tol Bocimi ini juga disebut menjadi alternatif memangka perjalanan Sukabumi-Jakarta jadi lebih cepat.

Jika sebelumnya harus memakan waktu 5-6 jam, tetapi Sukabumi-Jakarta lewat Tol Bocimi diklaim hanya memakan waktu 2 jam.

Tol Bocimi ini menjadi salah satu jalur mudik 2024. Pembangunan Tol Bocimi ini menghabiskan anggara hingga Rp5,4 triliun.

Sementara pembebasan lahan Tol Bocimi ini menghabiskan sekira Rp725 miliar untuk lahan seluas 142,2 hektare.

Tol Bocimi ini dikelola oleh PT Trans Jabar Tol sebagai pemegang hak konsesi selama 35 tahun sejak 2007.

Diketahui, PT Trans Jabar Tol merupakan perusahaan konsorsium tiga perusahaan. Yakni PT Bakrie Toll Road sebagai pemegang saham terbesar 60 persen, PT Marga Sarana Jabar 25 persen dan PT Bukaka Teknik Utama 15 persen.

Intan
Editor
Intan
Reporter