TANGSELIFE.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menderita sejumlah penyakit.

Hal itu diketahui dalam pemaparan Kepala Dinkes Tangsel Alin Hendalin Mahdaniar, dalam rapat koordinasi Forkopimda, di salah satu hotel di wilayah Serpong, Senin, 12 Februari 2024.

Alin menyebut, penyakit yang diderita oleh petugas KPPS bervariatif mulai dari yang beresiko rendah hingga beresiko tinggi.

“Untuk pemeriksaan kesehatan khususnya KPPS kami sampaikan bahwa semenjak mereka diperiksa kesehatan awal di Puskesmas dan dideteksi ada penyakit-penyakit yang beresiko tinggi sudah kami data,” kata Kepala Dinkes Tangsel Alin.

Ia mengungkapkan, berdasarkan catatan Dinkes Tangsel dari hasil pemeriksaan awal di seluruh Puskesmas terdapat ratusan petugas KPPS yang menderita penyakit.

“Dari 11.000 sekian (petugas KPPS) yang diperiksa di Puskesmas itu kurang lebih 5 persennya menderita hyper kolesterol, kemudian yang hypertensi sekitar 3 persen dan diabetes 1 persen,” tuturnya.

Alin enggan menjelaskan detail petugas KPPS yang memiliki riwayat penyakit tersebar di wilayah mana saja.

Namun, ia mengklaim telah melakukan pemetaan para petugas KPPS tersebut bertugas di TPS mana saja.

Nantinya, kata Allin, petugas kesehatan yang disiagakan oleh Dinkes Tangsel akan difokuskan ke wilayah-wilayah yang didapati adanya petugas KPPS yang menderita penyakit tersebut.

“Sampai saat ini pun sudah kita mapping dimana orang-orang yang beresiko tinggi ini ditempatkan TPS nya. Sehingga pemantauan di TPS pun nanti akan lebih intensif lagi,” terangnya.

“Untuk pemantauan di lapangan, ngider sehat beserta tenaga kesehatan lainnya kita sudah siapkan yang akan turun di hari H itu kurang lebih ada 1.231 yang akan memantau TPS masing-masing di wilayah kerja puskesmas masing-masing,” tambahnya.

Intan
Editor
Andre Pradana
Reporter