TANGSELIFE.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memprediksi lonjakan pengurusan Administrasi kependudukan (Adminduk) bakal berlangsung pekan depan.

Adapun di hari pertama kerja pasca liburan dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, Kepala Discukcapil Tangsel, Dedi Budiawan memastikan belum ada lonjakan masyarakat yang mengurus Adminduk.

Hal itu diketahui berdasarkan jumlah kuota pelayanan berbagai macam Adminduk yang disediakan oleh Disdukcapil Tangsel yang tercatat masih cukup banyak tersedia.

“Kalau saya lihat dari kuota pendaftaran masih tidak ada lonjakan, jadi biasa-biasa saja lah, mungkin masih pada di perjalanan mudik atau bagaimana,” kata Dedi Budiawan kepada Tangselife.com, Selasa 16 April 2024.

Disdukcapil Tangsel Sediakan 2.350 Kuota Layanan Adminduk

Menurut Dedi, setiap harinya Disdukcapil Tangsel menyediakan sekira 2.350 kuota layanan administrasi kependudukan.

Namun pada hari pertama kerja ini, jumlah masyarakat yang mengurus administrasi hanya sekira 70 persen dari kuota yang disediakan tersebut.

“Hanya sekitar 70 atau 80 persen dari kuota yang disediakan. KTP saya sediakan 1.200, KK (kartu keluarga, red) 500, pindah datang 350, kelahiran 200 dan kematian 100,” ujarnya.

Pengamatan Tangselife.com di salah satu lokasi pelayanan Adminduk yang berada di kantor Disdukcapil Kota Tangsel jalan Raya Serpong, Kecamatan Setu, tidak banyak masyarakat yang mengurus Adminduk.

Ruang khusus pelayanan pengurusan Adminduk terlihat hanya dihadiri oleh beberapa masyarakat.

Dedi menyebut masih sedikitnya masyarakat yang mengurus Adminduk lantaran karena banyak diantara mereka yang masih berada di kampung halamannya masing-masing.

Ia memprakirakan lonjakan pengurusan Adminduk baru akan terjadi pada H+7 setelah hari masuk kerja atau di minggu depan.

“Biasanya si terjadi pada 7 hari setelah hari kerja, mungkin di minggu-minggu besok akan terjadi lonjakan pengurusan administrasi,” pungkasnya.

Andre Pradana
Reporter