TANGSELIFE.COM – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengadakan pasar murah pada hari Minggu, 25 Agustus 2024.

Analis Ketahanan Pangan Muda pada DKP3 Tangsel, Mochammad Azwar Annas mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka semarak Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Dalam penyelenggaraan pasar murah, DKP3 turut menggandeng sejumlah pihak seperti Badan Pangan Nasional, ID Food, Bulog, Bank Indonesia dan Bank BJB.

Pada kesempatan itu, DKP3 akan menjual tujuh komoditas dengan di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berada di pasaran.

Ketujuh komoditas tersebut di antaranya telur ayam, bawang merah, cabai keriting, gula pasir, beras SPHP, cabai rawit dan minyak goreng.

“Dalam rangka semarak kemerdekaan kita akan mengadakan pasar murah yang menjual berbagai komoditas dengan harga murah,” kata Azwar kepada Tangselife.com, Jumat, 23 Agustus 2024.

Pasar Murah di Kantor DKP3 Tangsel

Pasar murah tersebut rencananya akan digelar di halaman parkir kantor DKP3 Tangsel di jalan Tandon Ciater, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong. Pasar murah akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Azwar menyebut, pasar murah tersebut terbuka untuk umum sehingga bisa seluruh masyarakat dapat belanja di kegiatan tersebut.

“Untuk komoditas yang memiliki minat tinggi akan kita batasi, namun untuk komoditas dengan minat rendah kita bebaskan. Biasanya yang minat tinggi itu beras,” ungkapnya.

Jenis Komoditas Dijual di Bawah HET

Berikut 7 jenis komoditas yang dijual di pasar murah pada Minggu 25 Agustus 2024:

1.  Telur Ayam

Pasar murah akan menyediakan komoditas telur ayam sebanyak 30 kilogram. Di pasaran harga telur ayam mencapai Rp29 ribu sementara nantinya akan dijual Rp24,5 ribu.

2. Bawang Merah

Pasar murah akan menyediakan komoditas bawang merah sebanyak 50 kilogram. Di pasaran harga bawang mencapai Rp28 ribu sementara nantinya akan dijual dengan harga Rp20 ribu.

3. Cabe Keriting

Pasar murah akan menyediakan komoditas cabe keriting sebanyak 50 kilogram. Di pasaran harga cabe keriting mencapai Rp40 ribu sementara nanti akan dijual dengan harga Rp26 ribu.

4. Gula Pasir

Pasar murah akan menyediakan komoditas gula pasir ukuran 1 kilogram sebanyak 50 pcs. Dipasaran harga gula pasir mencapai Rp17.600 tanpa merk, sementara di pasar murah akan menjual gula pasir merk dengan harga Rp16.500

5. Minyak Goreng

Pasar murah akan menyediakan minyak sayur ukuran 1 liter sebanyak 50 pack. Dipasaran minyak memiliki harta Rp18 ribu, sementara nanti akan dijual Rp16.500.

6. Cabe Rawit

Pasar murah akan menyediakan cabe rawit sebanyak 50 kilogram. Dipasaran cabai rawit memiliki harga Rp60 ribu sementara nanti akan dijual dengan harga Rp38 ribu.

7. Beras SPHP

Pasar murah akan menyediakan 200 pack beras SPHP ukuran 5 kilogram. Dipasaran harga beras mencapai Rp70 ribu sementara nantinya akan dijual dengan harga Rp57 ribu.

Gambar WhatsApp 2024 08 23 pukul 14.49.11 552d39a4
Gerakan Pangan Murah pada Minggu 25 Agustus 2024
Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter