TANGSELIFE.COM- Saat ini Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tengah diujicobakan.

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengusulkan tarif bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soetta sebesar Rp5.000 per penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengaku akan menampung terhadap usulan atau rekomendasi DTKJ tersebut.

Tetapi, pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi DTKJ terkait tarif Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta itu bersama pihak terkait.

“Usulan tarif dari DTKJ akan kami bahas nanti. Tentunya, setelah kami menerima surat usulan resmi DTKJ,” terangnya, Rabu, 2 Agustus 2023.

Syafrin mengatakan kalau tarif Rp5.000 per penumpang itu setelah adanya subsidi tiket atau public service obligation (PSO) dari Pemprov DKI Jakarta.

Karena jika tidak ada subsidi maka besaran tarif Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta itu mencapai Rp12.000.

Jadi, kata Syafrin lagi, dengan tarif Rp5.000 maka akan ada subsidi karena tarif keekonomian rute Kalideres-Bandara Soetta itu mencapai Rp12.000.

Syafrin juga mengatakan kalau saat ini uji coba layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta masih dilakukan dan belum ditentukan tarifnya.

“Hasil evaluasi, kita sudah melakukan beberapa penyesuaian jam operasional,” papar Syafri lagi.

Sebelumnya, jam operasional rute Kalideres-Bandara Soetta itu semula pukul 06.00-09.00 WIB diubah jadi pukul 05.30-09.05 WIB.

Sedangkan untuk sore harinya yang aalnya pukul  18.00-21.00 WIB berubah menjadi 16.30-21.05 WIB.

“Penyesuaian waktu itu karena masukan untuk mengakomodir pola perjalanan pekerja di Bandara Soetta,” papar Syafrin juga.

DTKJ Minta Transjakarta Rute Terminal Kalideres-Bandara Soetta Disosialisasikan

Selain itu juga, DTKJ meminta kepada Dishub DKI Jakarta meminta agar Dishub DKI Jakarta melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Tujuannya agar bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta bisa lebih dikenal dan masyarakat menggunakannya.

Lantaran selama uji coba bus yang sudah dilakukan selama ini target perhari penumpang belum tercapai.

Dishub DKI Jakarta menargetkan bisa mengangkut penumpang 2.000 orang setiap hari tapi selama ujicoba baru 700 penumpang.

Karena itu, DTKJ meminta agar jam operasiona rute Terminal Kalideres-Bandara Soetta bisa beroperasi selama 24 jam.