TANGSELIFE.COM – Partai Demokrat meninggalkan pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk bertarung di Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Tangsel 2024. Partai lambang bintang mercy itu kemudian mendukung pasangan Benyamin-Pilar.

Langkah Partai Demokrat mencabut dukungan bagi bakal calon wali kota dan wakil wali kota A Riza Patria dan Marshel Widianto di Pilkada Tangsel itu jadi pukulan telak bagi partai pengusungnya, Partai Gerindra.

Ketua DPC Demokrat Tangsel Julham Firdaus menjelaskan, keputusan partainya itu tinggalkan Riza – Marshel Widianto di masa pendaftaran Calon Pilkada Tangsel 2024.

Julham menuturkan, pihaknya baru saja menerima surat rekomendasi formulir B1 KWK Parpol terbaru yang dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat.

Dalam Formulir B1 KWK Parpol bernomor 570/SK-Pilkada/DPP.PD/VIII/2024 itu, dukungan justru diberikan kepada pasangan petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

Terbitnya B1 KWK dari AHY itu menggugurkan surat rekomendasi Demokrat yang telah dikantongi Riza-Marshel. 

“Saya disampaikan amanah oleh DPP untuk menerima B1 KWK yang terbaru yang sebelumnya itu rekomendasi diberikan kepada Riza dan Marshel hari ini saya diberikan langsung B1 KWK untuk Benyamin-Pilar,” kata Julham, Selasa, 27 Agustus 2024.

Julham mengungkapkan, alasan partainya mencabut dukungan untuk pasangan kader Gerindra tersebut tak terlepas dari situasi dan dinamika politik yang berkembang belakangan ini.

“Alasan DPP tentang situasi politik yang sangat dinamis, tapi tentunya kami sebagai unsur struktural di wilayah akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Dengan keluarnya surat rekomendasi tersebut, selanjutnya Partai Demokrat Tangsel ditugaskan untuk menjalin komunikasi dengan pasangan petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan untuk mengarungi Pilkada Tangsel 2024.

“Tentunya ini menjadi tugas kami Demokrat di Tangsel untuk melaksanakan amanah akhir ini dengan sebaik-baiknya serta merencang banyak hal untuk kemenangan di Pilkada 2024,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya Partai Demokrat telah melabuhkan dukungan kepada Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto.

Surat rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada pasangan tersebut pada Sabtu, 20 Juli 2024 lalu.

Saat itu Demokrat menjadi partai keempat setelah Gerindra, NasDem dan PSI yang sudah menyatakan dukungannya terlebih dahulu dengan menyerahkan surat rekomendasi untuk pasangan Riza-Marshel.

Selain Partai Demokrat, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang lebih dulu meninggalkan utusan KIM Plus pasangan calon Riza-Marshel di helatan Pilkada Tangsel 2024.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife