TANGSELIFE.COMPLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menambah 43 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tahun 2023.

Jumlah SPKLU di Jakarta tersebut naik 120% dibanding tahun 2022 yang baru tersedia sebanyak 36 SPKLU.

Penambahan jumlah SPKLU ini dilakukan dalam rangka mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di Indonesia.

Hingga saat ini, terdapat total 79 SPKLU yang tersebar pada 48 lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Infrastruktur Kendaraan Listrik di Jakarta: SPKLU, SPBKLU, dan SPLU

Sepanjang 2023, jumlah infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Jakarta secara keseluruhan mengalami peningkatan.

Infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersebut terdiri dari SPKLU, Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Jumlah total SPKLU, SPBKLU, dan SPLU yang tersebar di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya tercatat naik dari 2.866 unit menjadi 3.347 unit atau sebesar 17% dibanding tahun sebelumnya.

Percepatan pembangunan ekosistem EV merupakan komitmen PLN untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mobilisasi berkelanjutan untuk mewujudkan Jakarta Kota Global.

“Kita dukung Pemprov DKI untuk jadikan Jakarta jadi Kota Global dengan siapkan stasiun pengisian kendaraan listrik yang mumpuni,” ungkap General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran.

Di samping itu, SPKLU dirancang untuk memberikan akses mudah dan cepat bagi pemilik EV untuk mengisi daya kendaraan saat berada di tempat publik, menjadikan mobilitas berkelanjutan, lebih terjangkau dan praktis.

Penyediaan SPLU yang lebih luas juga menjadi fokus utama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung penggunaan energi listrik bersih di Jakarta.

Saat ini di wilayah Jakarta, SPLU sebanyak 3.263 unit tersebar pada lokasi strategis untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses mudah mengisi daya kendaraan listrik dan perangkat elektronik lain.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung perubahan positif dalam pola konsumsi energi.

Lebih lanjut, SPBKLU turut menjadi sorotan dalam upaya menciptakan infrastruktur yang mendukung EV, khususnya roda dua.

Saat ini PLN UID Jakarta Raya telah menghadirkan 43 kabinet yang tersebar di area Jabodetabek.

Dengan adanya SPBKLU, pengguna EV dapat dengan nyaman dan aman menukar baterai motor listrik mereka sehingga meningkatkan fleksibilitas pengguna.

Lasiran juga mengatakan bahwa saat ini masyarakat sudah berbondong-bondong beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Bersama-sama dengan Pemerintah Pusat, Pemda, dan berbagai instansi lain, PLN ingin ajak masyarakat Jakarta ikut menciptakan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan dengan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

“PLN siap membangun dan menyiapkan fasilitas bagi pengendara kendaraan listrik. Baik menambah SPKLU, SPBKLU, ataupun SPLU,” pungkas Lasiran.