TANGSELIFE.COM – Serbet yang digunakan untuk menandatangani kontrak kerja pertama Lionel Messi di Barcelona kini akan dilelang pada 18-27 Maret 2024 di rumah lelang internasional Bonhams di Inggris.

Serbet Messi tersebut dilelang dengan harga mulai 300.000 poundsterling atau sekitar Rp6 miliar sampai 500.000 poundsterling atau sekitar Rp10 miliar.

Benda legendaris itu sejak awal disimpan di brankas di bawah pengawasan perwakilan Lionel Messi kala itu, yakni Horacio Gaggioli.

“Ini adalah serbet kertas, tetapi ini serbet terkenal yang ada pada awal karier Messi,” ucap Ia Ehling selaku Head of Fine Books and Manusripts Bonhams New York.

Serbet Messi disebut-sebut mengubah kehidupan sang pemain bola, masa depan Barcelona, dan berperan penting dalam memberikan momen paling gemilang dalam sepak bola.

Serbet Messi itu ditandatangai pada 14 Desember 2000 saat makan siang di Reial Societat de Tennis Pompeia di Montjuic, Spanyol, usai Carles Rexach yang merupakan direktur olahraga Barcelona kala itu menerima laporan dari ayah Messi, Jorge Messi.

Dalam panggilan tersebut Jorge Messi mengancam akan membawa putranya kembali ke Argentina lantaran meragukan komitmen Barcelona.

Alasan serbet yang dipilih menjadi kontrak kerja tersebut karena Rexach hanya memiliki benda tersebut.

Menurut Rexach, satu-satunya cara untuk membuat ayah Messi rileks adalah dengan menandatangani sesuatu, memberinya bukti, sehingga ia meminta serbet kepada pelayan restoran.

Selain Carles Rexach, serbet Messi juga ditandatangani oleh Josep Minguella yang merupakan penasihat yang membantu mendatangkan sang pemain sepak bola dan agen asal Argentina, yakni Horacio Gaggioli.

Kontrak tersebut ditulis tangan dengan tinta berwarna biru dengan perjanjian berbunyi:

“Di Barcelona pada tanggal 14 Desember 2002 dan dihadiri oleh Minguella dan Horacio, Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, dengan ini setuju, di bawah tanggung jawabnya dan terlepas dari perbedaan pendapat, untuk mengontrak pemain Lionel Messin dengan syarat kami tetap pada jumlah yang disepakati.”

Saat itu Rexach mengatakannya kepada ayah Messi bahwa ia telah menandatangani kontrak dan dilihat oleh sejumlah saksi.

Kemudian Messi resmi bergabung dengan Barcelona sebulan setelah penandatanganan serbet kontrak tersebut.

Messi memulai debutnya di Barcelona pada usia 16 tahun dan mencetak 672 gol dalam 778 pertandingan untuk klub julukan Blaugrana tersebut.

Ia memenangi 35 trofi bersama Barcelona, termasuk 10 gelar LaLiga, 4 trofi Liga Champions, dan 3 Piala Dunia Klub.

Kemudian ia pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2021 dan kini bermain di klub Major League Soccer (MLS) Inter Miami.

Dwi Oktaviani
Editor