TANGSELIFE.COM – Sejumlah tokoh masyarakat pendiri Kota Tangsel, yang tergabung dalam Forum Bersama Membangun Tangerang Selatan (FORMATS) turut menyoroti perkembangan dinamika politik Pilkada Tangsel 2024.

Sekretaris FORMATS, Heri Sumardi mengatakan, pasangan yang digadang-gadang akan maju dalam kontestasi Pilkada Tangsel belakangan ini dinilai bukan sosok yang tepat untuk memimpin Tangsel dalam lima tahun kedepan.

Menurutnya calon pemimpin yang ideal untuk maju dalam kontestasi Pilkada Tangsel adalah mereka yang memiliki pemahaman tentang kota dan masyarakat Tangsel.

“Kita menginginkan pemimpin yang memahami masyarakat Tangsel, memahami budaya Tangsel dan mengetahui sejarah berdirinya Kota Tangsel,” kata Heri Sumardi, Selasa, 23 Juni 2024.

Heri mengungkapkan, jika pasangan yang ditugaskan maju dalam Pilkada Tangsel tidak mengetahui karakteristik kota dan masyarakat Tangsel, ia khawatir nantinya terjadi ketidakselarasan pemikiran antara pemerintah dan masyarakat tentang arah pembangunan kota bermotto Cerdas, Modern dan Religius ini.

“kita tidak menginginkan tiba-tiba di tengah perjalanan ketika pembangunan sudah berhasil dibajak pihak lain,” tegasnya.

Bahkan ia tak segan menyebut bahwa majunya salah satu kontestan yang ditugaskan oleh partai politik merupakan bentuk upaya pembajakan kepemimpinan di Kota Tangsel.

Pasalnya penunjukan sosok tersebut tidak selaras dengan keinginan masyarakat dan berbeda dengan rekomendasi beberapa partai yang ada di Tangsel.

Bahkan berdasarkan analisanya, perkembangan politik saat ini tidak menutup kemungkinan akan membuat Pilkada di Tangsel hanya memiliki satu pasangan calon pemimpin.

“Hari ini misalnya, kita memiliki pemimpin pak Benyamin dan bang Pilar, mereka adalah orang-orang yang memang sebenarnya selama ini sudah melakukan hal-hal yang terbaik untuk Kota Tangerang Selatan,” ungkapnya.

“Kalau kemudian tiba-tiba dua orang ini tidak bisa mencalonkan karena ada elit tertentu yang menjegal dan sebagainya sehingga kita hanya disuguhkan oleh satu pilihan itulah yang kemudian kita khawatirkan akan terjadi instabilitas di Kota Tangsel,” pungkasnya.

Baru Ada Satu Pasangan yang Dipastikan Maju Pilkada Tangsel 2024

Diketahui hingga kurang dari dua bulan waktu pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota baru ada satu pasangan yang dipastikan maju dalam Pilkada Tangsel 2024.

Pasangan itu merupakan politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan Komika Marshel Widianto.

Pasangan Riza Patria dan Marshel Widianto saat ini telah mengantongi empat rekomendasi partai politik diantaranya Gerindra, NasDem, PSI dan Demokrat.

Jika dikalkulasi keempat partai tersebut memiliki jumlah 15 kursi DPRD Tangsel dan telah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon.

Sementara pasangan petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan yang sejak dulu sudah digadang-gadang akan kembali maju di Pilkada Tangsel belum juga mengantongi surat rekomendasi dari partainya yaitu Golkar.

Disisi lain, empat partai yang memiliki kursi di DPRD Tangsel seperti PKS, PDI Perjuangan, PKB dan PAN belum menentukan sikap siapa sosok yang akan didukung di Pilkada Tangsel 2024.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter