TANGSELIFE.COM – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dalam mengembangkan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

Hal itu diungkapkan Gibran Rakabuming Raka ketika mengikuti kegiatan diskusi dengan beberapa pelaku seniman, budayawan dan beberapa komunitas krearif di Kandank Jurank Doank, Sabtu, 3 Februari 2024.

Diketahui sebelum melakukan diskusi tersebut, Gibran sempat mengunjungi gedung Creative Hub milik Pemkot Tangsel yang berada di Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong.

“Dari semua kota yang paling serius untuk mendampingi UMKM tuh saya lihat Tangsel. Saya sudah keliling ke semua daerah, pasti mengeluh ‘kita gak punya creative hub, kita gak punya tempat inkubasi dan lain-lain’, tapi saya lihat disini luar biasa sekali,” kata Gibran.

Gibran Rakabuming Raka, saat menghadiri diskusi dengan seniman, budayawan dan pelaku ekonomi kreatif di Tangsel

Gibran mengaku takjub dengan gedung Creative Hub milik Pemkot Tangsel yang dinilai memiliki fasilitas lengkap yang bisa digunakan oleh para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

“Biasanya saya ngasih contoh tempat saya (Kota Solo, red) ada Shopee Creative Hub. Ternyata punya pak Pilar (Wakil Wali Kota Tangsel, red) lebih canggih ada 8 lantai,” tuturnya.

“Tempatnya lengkap sekali, ada sanggar tari, ada teater, studio musik, studio rekaman bahkan ada studio foto juga. Ini luar biasa sekali,” tambahnya.

Kendati demikian, Gibran Rakabuming mengungkapkan, para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM tidak cukup hanya dengan diberikan fasilitas.

Melainkan juga harus didampingi mulai dari proses produksi hingga pendistribusian produk.

“Saya meyakini bahwa UMKM harus dikawal dari A sampai Z. Mulai dari branding, packaging, digital marketingnya, lalu pertambahan modalnya. Setelah jadi nanti pemerintah harus intervensi juga untuk menjadi offtaker,” pungkasnya.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter