TANGSELIFE.COMGojek meluncurkan GoRide Transit yang mengintegrasikan layanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu transaksi.

GoRide Transit yang diluncurkan di JCC Senyan, Jakarta Pusat, pada Jumat 29 September 2023 itu diklaim sebagai solusi layanan multimode pertama di dunia.

Lewat layanan ini, pengguna Gojek dapat memesan GoRide menuju stasiun, membeli tiket KRL Commuterline, lalu melanjutkan perjalanan dari stasiun ke tujuan akhir menggunakan GoRide lagi.

Layanan ini disebut dapat menekan biaya perjalanan menjadi lebih hemat, mudah, dan cepat.

GoRide Transit Layani 82 Stasiun Jabodetabek

Saat ini, GoRide Transit sudah tersedia dan melayani pengguna Gojek di 82 stasiun KRL Jabodetabek.

Hadirnya layanan ini sejalan dengan strategi Grup GoTo dalm menghadirkan variasi produk untuk menjangkau kelompok konsumen yang lebih luas.

Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo), Patrick Waluyo, mengatakan layanan ini juga bentuk partisipasi atas upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan trasportasi umum.

“Lewat GoRide Transit, kami turut mendukung upaya pemerintah tingkatkan penggunaan layanan transportasi publik dengan memberikan pengalaman mobilitas yang lebih mudah, lebih cepat dan lebih hemat,” tutur Patrick Waluyo, Selasa 3 Oktober 2023.

Penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) Universitas Gadjah Mada (UGM) menunjukkan bahwa pengguna yang memanfaatkan GoRide Transit dapat berhemat sampai 27 persen per perjalanan.

Layanan ini memungkinkan pengguna mendapatkan waktu tempuh perjalanan yang lebih cepat, yakni berkurang 15 persen dibandingkan pola perjalanan sebelum memakai GoRide Transit.

Hal ini lantaran layanan transportasi first-mile dan last-mile dilakukan dalam satu transaksi sekaligus, termasuk dengan pembelian tiket transportasi publik, seperti KRL Commuter Line.

Selain hemat biaya dan waktu tempuh, akses layanan yang terintegrasi ini membuat pengguna lebih mudah mengaksesnya.

Terlebih, fitur ini juga terintegrasi dengan journey planner atau panduan perjalan lengkap, mulai dari waktu perjalanan, rekomendasi rute, dan lokasi stasiun yang dilalui.

Penelitian PUSTRAL UGM juga mengungkap bahwa multimoda Gojek mendorong peningkatan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi publik yang mudah dan murah.

Peningkatan perpindahan pengguna layanan Gojek ke KRL sebesar 38,3 persen sekaligus berkontribusi mengurangi emisi penggunaan kendaraan bermotor pribadi hingga 5.057 ton sepanjang 2022.

Layanan baru Gojek ini pun disambut baik oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Budi Karya berharap layanan ini semakin memudahkan mobilitas masyarakat, mendukung peningkatan penggunaan angkutan massal, dan menjadi salah satu solusi atasi permasalahan kemacetan dan polusi udara di wilayah perkotaan.

Cara Pakai Layanan GoRide Transit

Caranya tentu sangat mudah, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

– Buka aplikasi Gojek, pilih layanan ‘GoRide

– Masukkan tujuan akhir, pilih ‘GoRide Transit’

– Tap tombol ‘Coba GoRide Transit’

– Pilih rute stasiun sesuai pilihan, tap ‘order’

– Tunggu konfirmasi mitra driver, pantau perjalanan

– Scan tiket QR, lacak perjalanan kereta secara langsung

– Tap pesan GoRide setelah sampai di stasiun akhir

– Tunggu konfirmasi mitra driver untuk menuju tujuan akhir

Biar ongkos lebih hemat 90%, jangan lupa pake kode promo: GOSTASIUN

cara pakai Goride Transit
cara menggunakan layanan GoRide Transit