TANGSELIFE.COM- Hari pertama MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) membuat sejumlah jalan utama di Kota Tangsel macet pagi ini, Senin, 17 Juli 2023.

Pantauan, kemacetan terjadi di sejumlah jalan yang lokasinya dekat dengan sekolah, baik itu tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK.

Hari pertama MPLS yang juga berbarengan dengan hari pertama masuk sekolah itu membuat kepadatan kendaraan mulai terlihat sejak pukul 06.00 WIB.

Hari pertama MPLS
Kemacetan parah di Jalan Pamulang Permai akses menuju SMPN 17 Tangerang Selatan dan SMAN 6 Tangerang Selatan, Senin, 17 Juli 2023.

Seperti kemacetan yang terjadi di depan SMAN 2 Tangerang Selatan dan SMPN 8 Tangerang Selatan yang berlokasi di Jalan Raya Serpong, Kecamatan Setu.

Kemacetan hari pertama MPLS itu terjadi sebelum perempatan Muncul, Kota Tangsel atau 100 meter sebelum Kampus Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong.

Nampak sejumlah petugas Dishub Kota Tangsel berjaga-jaga di jalan satu arah menuju Serpong dari Pamulang, Kabupaten Bogor dan Cisauk tersebut.

“Macet hari pertama MPLS atau masuk sekolah. Orangtua rata-rata mengantarkan anaknya sekolah,” terang seorang petugas Dishub Kota Tangsel yang berjaga di Perempatan Muncul, Senin, 17 Juli 2023.

Begitu juga di Jalan Raya Serpong arah ke jalan masuk sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Tangsel juga terjadi kemacetan.

Sama seperti SMA lainnya yang menggelar hari pertama MPLS, sekolah madrasah negeri itu juga menggelar Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama).

Di depan salah satu sekolah madrasah tingkat menengah atas itu tampak dipenuhi para orangtua yang mengantarkan anaknya pertama kali masuk sekolah.

Begitu juga yang terjadi saat hari pertama MPLS di Jalan Pamulang 2, Kecamatan Ciputat. Sejak dari Bundaran Maruga kendaraan tersendat masuk ke arah Pamulang 2. 

Di jalan itu terdapat sejumlah sekolah swasta dan negeri yakni SD, SMP dan SMA Waskito serta SMAN 3 Tangerang Selatan.

Pada hari pertama MPLS ini, nampak kepadatan kendaraan yang melintas hendak masuk ke arah SMAN 3 Tangerang Selatan.

Kemacetan juga terlihat di Jalan Pamulang Permai, Kecamatan Pamulang yang terdapat SMPN 4 Tangerang Selatan dan SMP 17 Tangerang Selatan serta SMAN 6 Tangerang Selatan.

Pada hari pertama MPLS akses jalan ini macet total sekitar pukul 06.30 WIB karena ratusan siswa diantar orangtuanya berebut masuk ke satu-satunya akses menuju tiga sekolah negeri tersebut.

“Macet, hari pertama masuk sekolah jam 06.30 WIB,” ujar Reni, salah satu orangtua siswa SMPN 17 Tangerang Selatan, Senin, 17 Juli 2023.

Kemacetan hari pertama MPLS juga terjadi di Jalan H Hasan, Kelurahan Sawah Lama, Kecamatan Ciputat karena ratusan siswa masuk hari pertama di SMPN 24 Tangerang Selatan.

Untuk diketahui, MPLS di Kota Tangerang Selatan digelar selama tiga hari yakni 16, 17 dan 19 Juli 2023 atau Senin, Selasa dan Kamis.

Karena hari Rabu tanggal 19 Juli 2023 libur tanggal merah perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah atau peringatan Tahu Baru Islam.

MPLS akan berakhir pada hari Kamis tanggal 19 Juli 2023 dan selanjutnya para siswa masuk seperti biasa untuk memulai tahun ajaran baru 2023/2024.

Jumlah Sekolah yang Gelar Hari Pertama MPLS di Kota Tangsel

  1. Sekolah Dasar : 324 sekolah
  2. Sekolah Menengah Pertama : 198 sekolah
  3. Sekolah Menengah Atas : 90 sekolah
  4. Sekolah Menengah Kejuruan : 80 sekolah