TANGSELIFE.COM- Uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum mampu mengurai kemacetan.

Terutama untuk arus kendaraan yang melintasi Jalan Ir H Juanda dari arah Kota Tangsel menuju Jakarta.

Pantauan saat uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan pada Senin, 26 Juni 2023, pukul 08.00-11.00 WIB, kemacetan terlihat lebih panjang dari hari biasanya. 

Kemacetan itu terjadi mulai dari lampu merah Simpang Kampung Utan di Jalan WR Supratman, depan UIN Ciputat hingga sebelum fly over Ciputat di Jalan Dewi Sartika. 

Kemacetan itu diperkirakan sepanjang 1 kilometer. “Sejak adanya lampu merah di Simpang kemacetan jadi lebih panjang ,” terang Subagyo, seorang pengendara motor.

Pria yang mengaku tinggal di Kampung Sawah, Ciputat, Kota Tangsel itu mengatakan saat putaran atau u-turn depan UIN dibuka kendaraan masih jalan meski macet.

Tapi saat uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan, kendaraan nyaris tidak jalan sama sekali.

“Kalau lampu hijau jalan lancar tapi hanya beberapa puluh meter, karena langsung macet lagi di depan lampu merah Gintung,” terangnya juga.

Meski akses Jalan Ir H Juanda dari Kota Tangsel ke Jakarta macet saat uji coba penerapan lampu merah Simpang Kampung Utan tapi arah sebaliknya lancar.

Arah dari Jakarta menuju Kota Tangsel dan Sawangan, Depok, lancar. Kemacetan hanya terjadi di lampu merah Simpang Kampung Utan tersebut.

“Uji coba lampu merah ini kalau pagi macet dari Tangsel menuju Jakarta. Sedangkan arah dari Jakarta ke Tangsel lancar,” ujar Maman, pekerja fotokopi di depan UIN Jakarta.

Dia juga mengatakan sebelumnya jika pagi kemacetan terjadi di dua arah. Karena adanya putaran balik atau u-turn di depan UIN Ciputat dan depan Rumah Dinas Dosen UI Ciputat.

Kemacetan juga terjadi di Jalan Kertamukti yang panjangnya sekitar 500 meter hingga Fakultas Kedokteran UIN Kampus 2.

Kemacetan terjadi karena akses Jalan Kertamukti jadi lebih sempit karena adanya galian kabel PT PLN dan juga sejumlah mobil terparkir di kiri jalan tersebut.

Macet makin parah menjadi dua arah di Jalan Kertamukti karena akses keluar masuk kendaraan dari Rumah Sakit (RS) Hermina Ciputat.

“Jadi tambah parah macetnya gara-gara ada uji coba lampu merah. Makin panjang,” terang seorang pasien yang berobat ke RS Hermina.

Sedangkan kemacetan di arah Jalan WR Supratman tidak terlalu parah. Panjangnya kemacetan hanya sekitar 100 meter saat lampu merah menyala.

Pada sore hingga malam hari mulai pukul 16.00-19.00 WIB, kemacetan Jalan Ir H Juanda terjadi pada arah sebaliknya.

Yakni, arah Jakarta ke Tangsel dan sekitarnya mengalami kemacetan cukup panjang di Jalan Ir H Juanda.

Ekor kemacetan itu berujung di underpass Lebak Bulus. Hingga pukul 20.00 WIB kemacetan masih terjadi tapi mulai berangsur berkurang.

Setelah melintasi traffic light Simpang Kampung Utan, arus lalu lintas kembali lancar melintasi fly over Ciputat mengarah ke Pamulang, Tangsel, dan Sawangan, Depok.

Untuk diketahui, BPTJ Kemenhub bersama sejumlah instansi seperti Polres Tangsel dan Dishub Tangsel melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Ir H Juanda, Ciputat.

Pada akun media sosial resminya @bptjkemenhub menulis uji coba lalu lintas ini bertujuan menemukan skenario terbaik mengurai kemacetan di Jalan Ir Juanda.

“Jika hasil evaluasi uji coba terdapat kendala di lapangan yang menimbulkan adanya keadaan urgent, maka akan dilakukan pembukaan u-turn dengan diskresi kepolisian,” tulis BPTJ.

BPTJ juga mengimbau pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut untuk menyesuaikan diri dengan uji coba yang dilakukan bekerjasama dengan sejumlah pihak tersebut.

BPTJ juga memberitahukan kalau uji coba Lampu Merah Simpang Kampung Utan ini dilakukan selama empat hari sejak Sabtu, 24 Juni 2023 hingga Selasa, 27 Juni 2023. 

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan tetap berhati-hati saat berkendara,” tulis BPTJ Kemenhub juga.

Uji Coba Lampu Merah Kampung Utan Berlaku 24-27 Juni 2023

1. Pengendara dari arah Kota Tangsel menuju arah Jakarta hanya tersendat di lampu merah Simpang Kampung Utan. 

2. Pengendara dari Arah Jakarta (Lebak Bulus) menuju Tangerang Selatan hanya tersendat di lampu merah Simpang Kampung Utan.

3. Pengendara dari arah Jalan Kertamukti bisa langsung ke Jalan WR Supratman atau berbelok kanan ke Jalan Ir H Juanda mengarah ke Jakarta. 

4. Pengendara dari arah Jalan WR Supratman bisa langsung mengarah ke Jalan Kertamukti dan berbelok kanan ke Jalan H Juanda mengarah ke Tangsel.