TANGSELIFE.COM– Uji coba lampu merah simpang Kampung Utan tepatnya di depan Jalan WR Supratman, mulai diberlakukan.

Tujuannya untuk mengurai kemacetan menahun di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan instansi terkait uji coba lampu merah di Simpang Kampung Utan.

Uji coba lampu merah

Uji coba lampu merah yang diaktifkan di Simpang Kampung Utan itu lokasinya tidak jauh dari kampus UIN Ciputat atau mengarah ke Jalan WR Supratman.

Pantauan uji coba Lampu Merah Simpang Kampung Utan pada Minggu, 25 Juni 2023 pukul 15.30 WIB, arus lalu lintas terlihat lebih lancar.

Itu terjadi karena dua putaran atau u-turn yang berlokasi di depan Kampus UIN Ciputat dan juga depan Komplek Dosen UI ditutup petugas.

Arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Kota Tangsel hanya berhenti di depan traffic light Simpang Kampung Utan.

Begitu juga kendaraan yang melintas dari arah Tangsel menuju Jakarta hanya sekali berhenti saat lampu menyala merah.

Sebelumnya, kendaraan baik dari arah Ciputat ke Jakarta mengarah ke Jakarta dan sebaliknya kerap tersendat pada dua u-turn yakni di depan UIN Ciputat dan depan rumah dinas Dosen UI.

Sedangkan kendaraan dari arah Jalan Kertamukti bisa langsung masuk ke Jalan WR Supratman dan juga bisa belok kanan ke Jalan Ir H Juanda arah Jakarta.

Begitu juga sebaliknya, kendaraan dari arah Jalan WR Supratman yang ingin mengarah ke Jalan Kertamukti bisa langsung dan belok kanan saat hendak ke Jalan Ir H Juanda arah Kota Tangsel.

Sebelumnya, kendaraan dari arah Jalan Kertamukti hendak menuju Jalan WR Supratman dan sebeliknya, harus berputar di u-turn depan UIN Ciputat dan u-turn depan Komplek Dosen UI.

Meski begitu, saat uji coba pada Minggu, 25 Juni 2023 masih banyak kendaraan melanggar dari arah Kota Tangsel yang langsung masuk ke kanan arah Jalan Kertamukti.

Begitu juga dari arah Jakarta langsung masuk ke kanan arah Jalan WR Supratman. Padahal di simpang itu ada rambu lalu lintas larangan berbelok.

“Mungkin karena belum tahu, banyak pengendara terutama motor langsung belok kanan baik ke Jalan Kertamukti dan Jalan WR Supratman,” terang petugas Dishub Kota Tangsel yang berjaga.

Dia juga mengatakan hanya mengarahkan dan meminta agar kendaraan itu tidak memutar arah karena berbahaya. “Maklum masih uji coba, warga masih kagok,” paparnya juga.

Sementara itu, Arfan Sudrajat, mahasiswa psikologi UIN Syarif Hidayatullah mengaku sangat terbantu dengan diaktifkannya lampu merah Simpang Kampung Utan tersebut.

Pria yang mengaku ngekos di Jalan WR Supratman itu harus berputar sekitar 1 kilometer (km) bila ingin ke kampusnya UIN Syarif Hidayatullah 2 yang berlokasi di Jalan Kertamukti.

“Kalau ada simpangan lampu merah ini saya bisa langsung dari Jalan WR Supratman menuju Jalan Kertamukti. Lebih dekat dan cepat,” ujarnya.

Arfan juga mengaku kemacetan yang terjadi di Jalan Ir H Juanda itu sangat parah. Dia mengatakan perlu terobosan untuk mengurai kemacetan tersebut.

“Jalan Ir H Juanda ini macetnya memang parah. Bukan hanya pada pagi dan sore saat jam masuk dan pulang kerja, tapi tiap saat macet,” cetusnya.

Sebelumnya, BPTJ Kemenhub di media sosial resminya @bptjkemenhub menulis uji coba lalu lintas ini bertujuan menemukan skenario terbaik mengurai kemacetan di Jalan Ir Juanda.

“Jika dalam hasil evaluasi uji coba terdapat kendala di lapangan yang menimbulkan adanya keadaan urgent, maka akan dilakukan pembukaan u-turn dengan diskresi kepolisian,” tulis BPTJ.

BPTJ juga mengimbau pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut untuk menyesuaikan diri dengan uji coba yang dilakukan bekerjasama dengan sejumlah pihak tersebut.

BPTJ juga memberitahukan kalau uji coba Lampu Merah Simpang Kampung Utan ini dilakukan selama empat hari sejak Sabtu, 24 Juni 2023 hingga Selasa, 27 Juni 2023. 

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan tetap berhati-hati saat berkendara,” tulis BPTJ Kemenhub juga.

Arah Uji Coba Lampu Merah Kampung Utan Berlaku 24-27 Juni 2023

1. Pengendara dari arah Kota Tangsel menuju arah Jakarta hanya tersendat di lampu merah Simpang Kampung Utan. 

2. Pengendara dari Arah Jakarta (Lebak Bulus) menuju Tangerang Selatan hanya tersendat di lampu merah Simpang Kampung Utan.

3. Pengendara dari arah Jalan Kertamukti bisa langsung ke Jalan WR Supratman atau berbelok kanan ke Jalan Ir H Juanda mengarah ke Jakarta. 

4. Pengendara dari arah Jalan WR Supratman bisa langsung mengarah ke Jalan Kertamukti dan berbelok kanan ke Jalan H Juanda mengarah ke Tangsel.