TANGSELIFE.COM – Uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan hari ketiga diberlakukan Senin, 26 Juni 2023.

Pantauan pukul 08.30 WIB, arus lalu lintas terlihat lancar dan tertib di lampu merah Simpang Kampung Utan, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Apalagi, di lampu merah yang tengah diujicobakan itu terlihat sejumlah petugas yang terdiri dari polantas dari Polres Tangsel dan Dishub Tangsel berjaga.

Uji coba lampu merah
Petugas berjaga saat uji coba di depan lampu merah Simpang Kampung Utan, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Senin, 26 Juni 2023 pagi.

Tapi kemacetan cukup panjang terjadi di Jalan Ir H Juanda dari arah Kota Tangsel menuju Jakarta.

Kendaraan mengular mulai lampu merah Simpang Kampung Utan hingga melintasi fly over Ciputat dengan perkiraan sejauh nyaris 700 meter.

Sedangkan arah Jalan Ir H Juanda dari arah Jakarta terlihat lancar. Kendaraan bisa melintas tanpa hambatan.

Untuk arah Jalan WR Supratman juga terjadi kemacetan sepanjang 50 meter karena adanya lampu merah


Begitu juga dari arah Jalan Kertamukti juga terjadi kemacetan sekitar 200 meter lebih hingga depan Kampus UIN Hidayatullah 2 Fakultas Kedokteran.

“Kalau macet tetap tapi karena ada lampu merah dan petugas jadinya lebih tertib ajah,” terang Samsudin Nur, warga Ciputat, Kota Tangsel, Senin, 26 Juni 2023.

Untuk diketahui, sebelumnyanya kendaraan baik dari arah Ciputat ke Jakarta mengarah ke Jakarta dan sebaliknya kerap tersendat pada dua u-turn yang ada di Jalan Ir H Juanda.

Yakni, u-turn atau putaran balik di depan UIN Ciputat dan depan Rumah Dinas Dosen UI yang dijaga oleh Pak Ogah.

Dengan adanya lampu merah Simpang Kampung Utan ini kendaraan dari Jalan Kertamukti bisa langsung masuk ke Jalan WR Supratman.

Kendaraan dari arah Jalan Kertamukti juga bisa belok kanan ke Jalan Ir H Juanda ke arah Jakarta.

Begitu juga sebaliknya, kendaraan dari arah Jalan WR Supratman yang ingin mengarah ke Jalan Kertamukti bisa langsung langsung lurus.

Kendaraan dari arah Jalan WR Supratman ini juga bisa berbelok kanan saat hendak ke Jalan Ir H Juanda arah Kota Tangsel.

Sebelumnya, kendaraan dari arah Jalan Kertamukti hendak menuju Jalan WR Supratman dan sebeliknya, harus berputar di u-turn depan UIN Ciputat dan u-turn depan Komplek Dosen UI.

Meski begitu, saat uji coba hari ketiga, Senin, 26 Juni 2023 masih banyak kendaraan melanggar dari arah Kota Tangsel yang langsung masuk ke kanan arah Jalan Kertamukti.

Begitu juga dari arah Jakarta langsung masuk ke kanan arah Jalan WR Supratman. Padahal di simpang itu ada rambu lalu lintas larangan berbelok.

Untung petugas yang berjaga sigap menyetop kendaraan tersebut. Tapi ada juga beberapa kendaraan yang terlanjur ada di tengah jalur dan terpaksa diarahkan petugas.

Sebelumnya, BPTJ Kemenhub di media sosial resminya @bptjkemenhub menulis uji coba lalu lintas ini bertujuan menemukan skenario terbaik mengurai kemacetan di Jalan Ir Juanda.

“Jika dalam hasil evaluasi uji coba terdapat kendala di lapangan yang menimbulkan adanya keadaan urgent, maka akan dilakukan pembukaan u-turn dengan diskresi kepolisian,” tulis BPTJ.

BPTJ juga mengimbau pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut untuk menyesuaikan diri dengan uji coba yang dilakukan bekerjasama dengan sejumlah pihak tersebut.

BPTJ juga memberitahukan kalau uji coba Lampu Merah Simpang Kampung Utan ini dilakukan selama empat hari sejak Sabtu, 24 Juni 2023 hingga Selasa, 27 Juni 2023. 

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan tetap berhati-hati saat berkendara,” tulis BPTJ Kemenhub juga.

Arah Uji Coba Lampu Merah Kampung Utan Berlaku 24-27 Juni 2023

1. Pengendara dari arah Kota Tangsel menuju arah Jakarta hanya tersendat di lampu merah Simpang Kampung Utan. 

2. Pengendara dari Arah Jakarta (Lebak Bulus) menuju Tangerang Selatan hanya tersendat di lampu merah Simpang Kampung Utan.

3. Pengendara dari arah Jalan Kertamukti bisa langsung ke Jalan WR Supratman atau berbelok kanan ke Jalan Ir H Juanda mengarah ke Jakarta. 

4. Pengendara dari arah Jalan WR Supratman bisa langsung mengarah ke Jalan Kertamukti dan berbelok kanan ke Jalan H Juanda mengarah ke Tangsel.