TANGSELIFE.COM – Hari Santri Nasional 2023 pada 22 Oktober, akan dilakukan dengan rangkaian kegiatan, salah satunya dengan Kirab Santri.

Wakil Ketua Panitia Hari Santri 2023 M. Nabil Haroen, mengatakan, pada acara kirab Hari Santri Nasional 2023 ini, Kirab Santri ini menggerakan santri dari Banten hingga Surabaya.

Nabil mengatakan, Hari Santri Nasional menjadi momen yang sangat penting, untuk mengenang kembali Resolusi Jihad yang digaungkan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari pada Oktober 1945.

Dia juga menyebutkan, Kirab Santri tersebut akan dimulai dari Provinsi Banten, sampai ke puncak acara di Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Jutaan Satri itu berangkat dari Banten 19 Okotober 2023, dan diperkirakan akan sampai di Surabaya pada 21 Okotber 2023.

“Setibatnya di Surabaya, kemudian ikut berbaai kegiatan puncak Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2023,” katanya.

Nabil mengatakan, Kirab Santri cukup penting untuk mengenang perjuangan perjuangan KH Hasyim Asy’ari dan para kiai, serta para satri dalam mengusir penjajah.

Diperkirakan pada Kirab Santri ini ada sebanyak 20 juta santi se-Pular Jawa yang akan mengikuti acara tersebut.

“Tidak hanya para santri saja yang ikut, tetapi organisasi dan banom NU juga semuanya ikut dalam kirab ini. Pesantren dari Banten hingga Jawa Timur,” katanya.

Nabil juga mengatakan, Hari Santri Nasional merupakan agenda warga Nahdliyin di seluruh Indonesia serta diaspora santri dari beberapa negara lain. Kegiatan ini menjadi agenda khidmah jam’iyyah yang perlu dikawal.

“Bersama para santri dan kiai memeriahkan Hari Santri Nasional 2023. Karena dalam acara ini doa dan berkah yang kita dapatkan bersama,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor