TANGSELIFE.COMDonald Trump berhasil unggul dari Joe Biden dalam jajak pendapat calon Presiden Amerika Serikat (AS) versi Reuters/Ipsos dengan selisih persentase 6 poin.

Berdasarkan hasil jajak pendapat terhadap 1.250 orang dewasa di AS tersebut, Donald Trump memperoleh suara 40 persen, unggul atas Joe Biden yang memperoleh suara 34 persen.

Adapun sisanya, mengaku tidak yakin atas Donald Trump atau Joe Biden, berencana memilih orang lain, dan memutuskan tidak memilih antara keduanya.

Persaingan Donald Trump VS Joe Biden Jadi Fokus Nasional di AS

Persaingan antara Trump dengan Presiden Demokrat tersebut tengah menjadi fokus nasional di AS sepanjang minggu ini.

Hasil jajak pendapat turut menunjukkan bahwa warga AS tidak senang dengan pertandingan ulang pemilu antara Trump versus Biden.

Namun faktanya, Trump berhasil mengungguli Biden dalam jajak pendapat nasional yang diikuti 1.250 warga AS tersebut.

Jajak pendapat tersebut memiliki margin kesalahan tiga poin persentase yang sekaligus menjadi keuntungan bagi Trump.

Sebelumnya, hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dilakukan awal bulan ini menunjukkan bahwa Trump dan Biden sama-sama unggul.

Survei nasional ini tidak menangkap seluk-beluk pemilihan electoral college di beberapa negara bagian yang bersaing pada musim gugur ini.

Trump dengan mudah mengalahkan satu-satunya penantang utama yang tersisa, Nikki Haley. di New Hampshire.

Sekitar 67 persen responden mengatakan mereka menginginkan kandidat baru dan bosan melihat kandidat yang sama dalam pemilihan presiden.

Namun, hanya 18 persen yang mengatakan mereka tidak akan memilih jika Biden dan Trump kembali menjadi kandidat.

“Saya tidak suka berpikir bahwa kita terus-menerus menghadapi dua hal yang lebih buruk,” kata Kimberly Sofge, seorang manajer proyek berusia 56 tahun di Washington DC.

“Sejujurnya saya merasa kami bisa berbuat lebih baik,” lanjut Kimberly.