TANGSELIFE.COM-Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea melakukan pendampingan hukum terhadap sopir dan kernet bus dalam tragedi kecelakaan bus di Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Pendampingan itu diberikan setelah mendapatkan permohonan dari sejumlah warga net dan juga anak Romyani, 55, sopir bus PO Duta Wisata bernama Dea Aliftiana. 

Bantuan hukum yang dilakukan Hotman Paris itu menyusul ditetapkannya Romyani dan kernet bus berinisial AY dalam tragedi kecelakaan di wisata Guci, Kabupaten Tegal, sebagai tersangka.

Untuk memberikan pendampingan hukum sopir bus itu, Hotman Paris sudah berkoordinasi dengan seorang pengacara di Kabupaten Tegal bernama Ahmad Soleh.

Sementara itu, Ahmad Soleh mengatakan dirinya bersama Hotman Paris memberi bantuan hukum kepada sopir dan kernek bus tragedi dalam kecelakaan di  Guci itu secara gratis.

“Saya dari 911 Bang Hotman Paris akan melakukan pembelaan hukum tanpa biaya apapun,” ujar Ahmad Soleh dalam video yang diunggah akun @hotmanparisofficial, Senin, 15 Mei 2023.

Ahmad Soleh juga mengatakan dia sudah bertemu dengan Romyani, sopir PO Duta Wisata dan kernet dalam kecelakaan di Guci, Tegal yang kini ditahan di Polres Tegal.

“Barusan saya menjenguk tersangka perkara kejadian bus yang terjun ke jurang di objek wisata Guci. Saya sudah bicara dengan sopir dan kernet,” katanya juga.

Dalam pertemuan dengan Romyani tersebut, Ahmad Soleh mengaku didampingi oleh salah satu keluarga sopir bus yang bernama Endang.

Ahmad Soleh juga mengatakan saat berbincang dengan Romyani guna mendalami kasus kecelakaan maut itu. 

Bahkan Hotman Paris sempat ikut berbicara dengan Romyani melalui sambungan telepon milik Ahmad Soleh.

“Bang Hotman Paris juga sudah berkomunikasi langsung dengan Romyani melalui handphone saya kurang lebih 15 menit,” papar Ahmad Soleh juga.

Dia juga memastikan Hotman Paris akan benar-benar memberikan bantuan hukum gratis hingga kasusnya selesai kepada sopir dan kernet bus yang jadi tersangka tersebut.

“Jadi Bang Hotman siap untuk melakukan pembelaan kepada sopir dan kernet bus kecelakaan Guci, Tegal,” tandas Ahmad Soleh juga. 

Sontak unggahan video tersebut menuai respon positif dan komentar warganet. Mereka mendukung Hotman Paris memberikan bantuan hukum kepada sopir dan kernet bus tersebut.

“Tetap jadi orang baik buat semua orang. Sehat selalu abangku,” cuit @fajar.dhika mengomentari video tersebut.

“Kawal sampe tuntas… logikanya supir bus yg sudah bekerja bertahun tahun jadi supir, baru ini ada kejadian kek gini… Masuk akal gak?,” cuit @achaicha_cha.

Sopir dan Kernet Bus Dijerat Pasal Kelalaian

Untuk diketahui, kecelakaan bus di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah itu terjadi Minggu 7 Mei 2023 lalu. 

Saat itu, bus PO Duta Wisata yang membawa puluhan peziarah asal Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan terguling masuk sungai di dekat lokasi. 

Akibat kejadian itu, 2 orang meninggal dunia dan 34 orang mengalami luka serius dan luka ringan. Banyak dari para korban mengalami patah kaki dan tangan. 

Polres Tegal yang menyelidiki kasus itu menetapkan sopir bus dan kernet jadi tersangka. Keduanya ditetapkan melanggar Pasal 359 KUHP tentang Kelalaian yang Membuat Orang Kehilangan Nyawa. 

Akibat kelalaian sopir dan kernet yang tidak ada di dalam bus saat mesin dinyalakan hingga membuat peristiwa itu terjadi. 

Saat itu, di dalam bus PO Duta Wisata ada 36 orang penumpang yang hendak pulang ke Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan usai dari tempat wisata air panas tersebut.